Sakral & Berkesan, Ini 7 Tips Sukses Gelar Intimate Wedding

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Rabu, 16 Jun 2021 20:57 WIB
Ilustrasi pernikahan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Setiap tahun muncul beragam konsep pernikahan baru yang bisa diterapkan. Jika dulu rata-rata pesta digelar secara besar-besaran, namun sekarang konsep intimate wedding lebih digemari, bahkan tengah menjadi tren.

Dengan jumlah tamu undangan yang terbatas membuat gelaran pernikahan lebih intim, hangat dan sakral. Namun, pesta pernikahan 'kecil; bukan berarti tidak perlu perencanaan, justru harus direncanakan sematang mungkin. Begini tips melangsungkan intimate wedding biar acara spesialmu makin berkesan, seperti dilansir dari Wedinspire.

1. Siapa yang Akan Diundang?

Perbedaan intimate wedding dengan pernikahan pada umumnya yaitu dari jumlah tamu. Gelaran pernikahan 'kecil' ini umumnya hanya mengundang 100-200 orang. Oleh karena itu, kamu hanya mengundang orang-orang terdekat saja. Kamu bisa berdiskusi dengan pasangan sambil mengisi daftar nama keluarga dan sahabat.

2. Tetapkan Budget di Awal

Dengan menggelar pesta pernikahan yang kecil dan akrab, otomatis dapat memangkas anggaran yang tidak perlu. Budget tersebut bisa dialokasikan untuk hal-hal lainnya. Namun, jangan sampai jadi kebablasan. Sebaiknya tetap buat budget pernikahan yang jelas di awal. Dengan begitu kamu jadi lebih terarah, dan pengeluaran pun jadi terkontrol.

3. Mencari Venue yang Tepat

Jika konsep pesta pernikahan sudah ditentukan, segera cari venue yang tepat. Mencari venue bagi gelaran intimate wedding sebetulnya tidak terlalu susah. Hanya saja, kamu perlu sesuaikan lokasi dengan konsep yang diinginkan. Apakah di dalam ruangan, atau memilih outdoor seperti pantai supaya menambah kesan intim dan personal.

4. Susun Acara Supaya Berkesan

Kamu tidak harus memasukkan semua prosesi pernikahan saat menggelar intimate wedding. Beberapa kegiatan seperti proses pengantin masuk ke ruangan, potong kue, dan lempar bunga tetap bisa dilaksanakan. Namun, tidak ada salahnya jika menambahkan rangkaian acara lainnya, seperti sesi penampilan spesial dari sahabat atau sesi games seru yang ikut melibatkan tamu undangan. Dengan begitu acara pasti tambah berkesan.

5. Berikan Sentuhan Personal

Pernikahan berkonsep intimate wedding memberikan kesempatan bagi pasangan untuk bereksplorasi dengan jalannya acara nanti. Kamu dan si dia bisa memberikan sentuhan-sentuhan kecil yang bersifat personal, baik pada dekorasi, gaun pengantin, katering, dan lainnya. Jadi, meskipun digelar dengan skala yang kecil, hari bahagiamu akan tetap meninggalkan kesan menarik bagi para tamu.

6. Pertimbangan Privasi

Alasan lainnya mengapa konsep pesta pernikahan ini begitu digemari adalah karena privasi. Sebab dengan ukuran yang kecil, intimate wedding memberikan ruang privasi bagi calon pengantin. Apalagi tidak semua orang menginginkan pernikahan yang besar. Jika kamu salah satunya, sebaiknya perhatikan rencana hari besar dengan bijaksana. Salah satunya terkait apakah rangkaian pesta bisa disaksikan secara online.

7. Buat Aturan Sendiri

Intimate wedding memberikan kebebasan untuk pasangan menggelar acara pernikahan sesuai dengan keinginan. Termasuk dalam memutuskan tradisi yang dianggap tidak perlu. Misalnya saja tradisi untuk memilih bridesmaid atau groomsmen.

Dari segala persiapan hari besar kamu, jangan lupakan ini yang harus menjadi top list dan sudah pasti pernikahanmu tidak akan lengkap tanpa adanya, cincin kawin. Kamu bisa memilih cincin Mondial Excellent Cut (MEC) Ultimate dari Miss Mondial sebagai pengikat janji dengan pasangan.

Ada koleksi Celina yang melambangkan keindahan, kekuatan, dan fleksibilitas. Lalu, Candis yang desainnya terinspirasi dari mahkota dan Gracie yang anggun dan hangat dengan sentuhan Rose Gold yang memiliki illusion setting pada berlian utamanya.

Koleksi Eliora Berlian MEC UltimateKoleksi Eliora Berlian MEC Ultimate Foto: Dok. Miss Mondial

Ada pula Eliora yang hadir dalam bentuk halo dengan beberapa berlian kecil sehingga memberi kesan modern. Serta Vesta dari huruf M yang berasal dari kata Mondial di bagian dudukan cangkangnya, dan Tivona. Semuanya telah dilengkapi berlian MEC yang yang melampaui standar penilaian 4C triple excellent dari GIA yang kemudian disortir ulang melalui serangkaian penilaian sera penambahan spesifikasi pengukuran dengan teknologi terbaru di industri perhiasan berlian yang memperhitungkan unsur performa cahayanya (light performance) dari Sarine Technology.

Unsur kriteria sertifikasi light performance ini menambahkan dimensi baru pada penilaian berlian MEC, seperti sparkle, fire, dan brilliance. Sehingga membawa pandangan yang lebih kaya, komprehensif, dan obyektif dari keindahan visual berlian. Informasi selengkapnya klik di sini.

(akn/eny)