Peony, Bunga Lambang Happy Wedding yang Sering Hadir di Pernikahan

Abu Ubaidillah - wolipop Kamis, 22 Apr 2021 18:02 WIB
bunga peony Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Dalam pernikahan, pasangan pengantin kerap menyertakan bunga yang indah sebagai dekorasi pernikahan mereka. Paling umum adalah mawar, tapi bunga peony (peonies) juga kerap disertakan.

Bunga ini merupakan salah satu jenis bunga tercantik dan mewah. Berbeda dengan bunga mawar yang sudah lama dikenal sebagai simbol cinta, mungkin tak banyak yang tahu bila peony memiliki makna serupa.

Dilansir dari PureWow, bunga ini awalnya pertama kali muncul di China dan mendarat di Jepang ribuan tahun yang lalu. Bunga ini awalnya digunakan untuk tujuan pengobatan masyarakat di sana.


Salah satu warna bunga peony yang kerap dihadirkan sebagai dekorasi pernikahan adalah peony merah. Bunga peony merah memiliki makna seperti banyak hal berwarna merah lainnya, yakni melambangkan cinta, gairah, kemakmuran, kekayaan, dan kehormatan. Setelah itu bunga ini dibawa ke Eropa, lalu Amerika Utara. Karena kecantikan dan pesonanya, bunga ini pun beralih fungsi menjadi salah satu dekorasi untuk berbagai jenis perayaan termasuk pernikahan.

Selain merah, peony pink juga kerap disertakan bahkan mungkin lebih sering dibandingkan peony merah. Pasalnya, jenis bunga yang satu ini mewakili pernikahan yang bahagia, beruntung, dan makmur.

Bunga peony kuning juga kerap dijadikan bagian dari dekorasi pernikahan meski tak sesering dua warna yang disebutkan di atas. Bunga ini melambangkan awal kehidupan yang baru, termasuk saat pernikahan karena akan menjalani kehidupan yang baru bersama pasangan.

Selain beberapa warna di atas yang melambangkan cinta hingga kebahagiaan, bunga peony warna lain kadang juga dipertimbangkan, seperti putih, ungu, oranye, dan sebagainya. Bunga ini juga menjadi ikon ulang tahun Frank & co. yang ke-25.

Sama seperti peony yang melambangkan cinta dan kebahagiaan, peony juga melambangkan perjalanan Frank & co. yang telah 25 tahun menghadirkan perhiasan sebagai symbol of love untuk banyak pasangan di Indonesia.

Selain cincin tunangan berlian (diamond engagement ring), Frank & co. juga menghadirkan berbagai jenis perhiasan lainnya yang ketika dikenakan, dapat melambangkan cinta sejati di antara pasangan.

(mul/mpr)