Miris! Pengantin Nikah Ngutang, Fotografer Dibayar 2 Bulan Setelah Resepsi

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 16 Nov 2019 14:06 WIB
Foto: Unspslah Foto: Unspslah

Jakarta - Pernikahan di Indonesia identik dengan pesta atau resepsi yang meriah dengan mengundang ratusan tamu. Belum lagi dengan tambahan dekorasi, souvenir, hiburan hingga video dan foto untuk dokumentasi pernikahan. Jika sudah begini, pasangan yang mau menikah harus menyiapkan budget yang tak sedikit. Bagaimana jika uang tak cukup? Tak jarang yang terjadi mereka ngutang.

Fotografer pernikahan Noviansyah Dimas Saputra termasuk yang pernah mengalami kisah miris mendapat pengantin ngutang ini. Pria yang memiliki bisnis fotografi dengan nama Aspherica itu mengaku sepanjang tiga tahun menjadi fotografer pernikahan, dia pernah dua kali mendapat klien yang berutang.



"Biasanya bayarnya pakai angpau," ujar pria yang memulai bisnis fotografi dan videografi pernikahan Aspherica sejak 2016 itu.

Namun sial dialami pria yang akrab disapa Dimas itu saat mendapat klien yang tak bisa membayarnya karena uang angpau sang pengantin digunakan untuk membayar vendor lainnya. Dia mengisahkan perkenalannya dengan klien tersebut melalui sebuah vendor catering.

"Biasanya vendor catering baru dibayar 50-70%. Pelunasan habis acaranya. Saya kena apesnya nih modal 70% dihabisin buat acaranya sama vendor catering," kata Dimas saat berbincang dengan Wolipop melalui telepon Rabu (13/11/2019).

Pria yang jasanya pernah digunakan Hamidah Rachmayanti hingga Melody Prima itu pun bingung karena si pengantin mengaku tak memiliki uang lagi pada saat itu. Dan akhirnya utang pengantin tersebut atas jasanya baru dilunasi dua bulan setelah pernikahan.

Nasib miris berikutnya dia alami saat mendapatkan klien pengantin yang ayahnya meninggal dunia. Sang pengantin mendapat musibah menjelang pernikahannya digelar. Dan ternyata almarhum ayah pengantin meninggalkan banyak utang.

"Jadinya budget pernikahan dialihkan untuk membayar utang," ujarnya.

Pada saat itu Dimas hanya bisa pasrah karena sang pengantin mendapat musibah. Pengantin tersebut pun akhirnya membayar utangnya 30 hari setelah pernikahan.

Sebagai fotografer Dimas biasanya dia mengedukasi klien dan pihak lainnya melalui karyanya. "Karena orang itu biasanya berutang karena tidak menghargai karya kita. Kalau saya sendiri foto itu kan tidak sembarangan. Karya ini kan longlast dan bisa dinikmati seumur hidup," tutupnya.

Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/sra)