Pesan Psikolog untuk Para Mantan Suami agar Tak Umbar Aib Eks Istri

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 04 Jul 2019 18:17 WIB
Galih Ginanjar dan istri barunya Barbie Kumalasari. Foto: Noel/detikHOT Galih Ginanjar dan istri barunya Barbie Kumalasari. Foto: Noel/detikHOT

Jakarta - Perkara ocehan tentang 'bau ikan asin' di channel YouTube, Galih Ginanjar harus berurusan dengan hukum. Ia dilaporkan mantan istrinya, Fairuz A. Rafiq, atas tuduhan pencemaran nama baik.

Dalam konten video berjudul 'Mulut Sampah' yang diunggah YouTuber Rey Utami dan Benua, Galih Ginanjar ditanya perihal rumah tangganya dengan istri saat ini, Barbie Kumalasari. Pertanyaan dalam video tersebut menjurus kepada urusan ranjang yang akhirnya membuatnya menyinggung hubungan masa lalunya dengan sang mantan istri.

Saat membicarakan urusan ranjang itulah, Galih melontarkan kalimat 'bau ikan asin'. Kasus tersebut kini sudah memasuki proses penyelidikan oleh polisi.


Polemik antara mantan istri dan suami ini seharusnya tak perlu terjadi apabila pihak Galih mampu menahan diri untuk tidak mengumbar masalah keintiman mereka saat masih bersama. Hal itu diungkapkan Psikolog Seksual Zoya Amirin, M.Psi, FIAS.
Pesan Psikolog untuk Para Mantan Suami agar Tak Umbar Aib Eks IstriGalih Ginanjar dan Barbie Kumalasari. Foto: Noel/detikHOT

"Seharusnya etika pria bisa lebih dijaga lagi. Apakah santun dengan mengumbar aib mantan istrinya?" kata Zoya saat dihubungi Wolipop, Rabu (3/7/2019).

Menurut Zoya, aroma tak sedap pada pasangan seharusnya bukan menjadi alasan utama seseorang bercerai. Tentunya ada persoalan lain yang lebih serius sehingga keduanya memutuskan bercerai.

"Apakah dengan menimbulkan aroma tidak sedap itu kita mau menceraikan pasangan? 'Kan tidak seperti itu," tuturnya.

Namun kalaupun benar penyebab utamanya adalah faktor tersebut, seharusnya seorang mantan suami bisa bersikap bijak dengan tidak mengumbarnya ke muka publik.
Pesan Psikolog untuk Para Mantan Suami agar Tak Umbar Aib Eks IstriFairuz A. Rafiq dan Sonny Septian. Foto: Noel/detikFoto


"Sebaiknya dicari sumber masalahnya, coba berpikir dahulu sebelum bicara. Ini adalah ucapan yang tidak dipikirkan dahulu baik-baik. Tidak mature (dewasa -red) sama sekali," ucap Zoya.

Maka dengan dipolisikannya Galih Ginanjar akibat ucapan soal 'bau ikan asin' tersebut, wanita lulusan Universitas Indonesia ini berharap, bisa menjadi pelajaran bagi pria-pria lainnya agar tak sembarangan berbicara.

"Ini untuk pria yang menghina mantannya agar lebih belajar memahami pasangannya," pungkas Zoya.

Simak Video "Unjuk Gigi Desainer Lokal di Banyuwangi Fashion Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)