Tren Dekorasi Pernikahan

Biaya Fantastis Dekorasi Pernikahan di Indonesia, Bunganya Saja Rp 200 Juta

Hestianingsih - wolipop Minggu, 29 Sep 2019 16:52 WIB
Ilustrasi pasangan menikah. Foto: iStock Ilustrasi pasangan menikah. Foto: iStock

Jakarta - Berkecimpung di dekorasi pernikahan selama lebih dari 20 tahun, Dina Touwani sudah menangani ribuan klien dari berbagai kalangan. Dimulai dari menyediakan jasa merangkai bunga kecil-kecilan untuk pemotretan majalah dan pembukaan toko, kini perusahaan bernama Flora Lines yang didirikannya sudah jadi salah satu yang populer dalam industri pernikahan.

Untuk menjaga kualitas penyediaan jasanya sebagai dekorator pernikahan, Dina mengaku tidak sembarang menerima klien. Ia cukup selektif menerima pesanan dan hanya yang sesuai dengan visi misi perusahaan, akan dia dan tim nya layani.

"Kami agak berhati-hati dalam memilih proyek. Tidak mau gegabah. Benar-benar kami kuasai atau tidak," ujarnya saat ditemui di Westin Resort Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Biaya Fantastis Dekorasi Pernikahan di Indonesia, Bunganya Saja Rp 200 JutaFoto: Dok. iStock

Salah satu proyek bernilai fantastis yang pernah ditanganinya adalah pernikahan seorang anak pengusaha di Indonesia. Klien tersebut meminta Dina membuatkan dekorasi bunga di pintu masuk gedung yang memerlukan hingga ribuan tangkai bunga.


"Pernah disuruh membuat seperti pintu masuk di gedung, semua dari bunga asli. Pemakaian bunganya mencapai 3.000 tangkai. Itu untuk di pintu masuknya saja," ungkap wanita yang telah mengikuti seminar dan kursus bunga di berbagai negara ini.

Untuk membuat gerbang bunga tersebut, Dina menggunakan berbagai jenis bunga impor dan lokal seperti adeli, tulip dan mawar yang rata-rata adalah varietas unggulan. Florist dari hampir semua provinsi di Indonesia pun dia kerahkan demi memenuhi keinginan klien. Bahkan persiapannya sudah dilakukan tiga bulan lebih sebelum hari H.
Biaya Fantastis Dekorasi Pernikahan di Indonesia, Bunganya Saja Rp 200 JutaFoto: iStock

"Untuk order bunga saja sampai semuanya komplit itu tiga bulan. Hanya untuk kombinasi warna. Waktu pemasangannya lima hari," cerita ibu satu anak ini.


Bujet yang dikeluarkan untuk pemesanan bunga pun tidak sedikit. Dekorasi di pintu masuk saja, mencapai puluhan juta rupiah.

"Untuk rangkaian bunga sebesar pintu Rp 30.000 x 3.000 tangkai, jadi sekitar Rp 90 jutaan," tuturnya.
Biaya Fantastis Dekorasi Pernikahan di Indonesia, Bunganya Saja Rp 200 JutaFoto: Unsplash/AdrianaLeon

Sementara pemakaian bunga untuk dekorasi seluruh ruangan di resepsi pernikahan tersebut, Dina memperkirakan menghabiskan sekitar 200 ribu tangkai bunga. Sehingga jika dihitung-hitung, total biaya yang dikeluarkan hanya untuk dekorasi bunga mencapai Rp 200 jutaan.

"Waktu itu pelaminannya justru tanpa bunga, hanya pasang kristal-kristal. Tapi bunga di meja-meja banyak," pungkas Dina.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)