Tren Dekorasi Pernikahan

Bunga Termahal untuk Pernikahan Rp 150 Ribu Setangkai, Bikin Pengantin Nangis

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 28 Sep 2019 15:23 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Anggrek Bulan, Mawar, Lili, merupakan bebungaan yang paling populer dalam tren dekorasi pernikahan saat ini. Selain tiga bunga itu, ada satu yang juga cukup terkenal dan disukai banyak pengantin.

Sayangnya, tidak semua bisa --atau lebih tepatnya mempunyai bujet-- untuk memakai bunga tersebut, karena harganya yang sangat tinggi. Bunga yang dimaksud adalah peony.

Bunga berasal dari daratan China ini disukai karena memiliki makna yang dalam, khususnya dalam pernikahan. Dijelaskan florist spesialis dekorasi pernikahan Dina Touwani, di negara asalnya, bunga berwarna pink ini melambangkan kesuburan dan kebahagiaan.


Foto: iStock

"Memulai hubungan pernikahan itu 'kan harus dimulai dengan sesuatu yang bahagia dan itu yang disimbolkan bunga ini. Dari China, akhirnya negara Barat ikut-ikutan dan mulai menanam bibit nya," kata Dina saat ditemui di Westin Resort Nusa Dua, Bali, beberapa waktu lalu.

Jika ingin memakai bunga peony sebagai dekorasi pernikahan, kamu harus menyiapkan bujet yang lumayan besar. Dina mengungkapkan harga satu tangkai peony berkisar antara Rp 75.000 - Rp 150.000.

"Bunga itu ada musim-musimnya, biasanya per tiga bulan. Untuk jenis bunga musiman begini yang banyak diminati peony. Masa panen nya pendek sekali hanya 2-3 minggu. Jadi kalau si pengantin mau peony dan tidak tersedia atau tidak ada musimnya, cari di mana pun tidak akan dapat," ujar pemilik perusahaan jasa dekorasi bunga Dina Touwani Flora Lines ini.

Jika sedang tidak musim, peony bisa saja didapatkan di negara yang berlawanan musim. Misalnya saja di Belanda sedang musim semi dan Australia musim gugur, peony bisa tumbuh di negara yang sedang bersemi.
Foto: iStock

"Kadang ada secara kebetulan bunga nya mekar, istilahnya 'late boomer'. Itu masih bisa didapatkan tapi tentunya dengan harga selangit," ungkap perangkai bunga yang sudah berkiprah lebih dari 20 tahun ini.

Peony paling bagus kualitas nya, dengan harga yang sangat tinggi, biasanya didapatkan dari Jepang. Setiap pohon bunga peony diperlakukan dengan istimewa sehingga menghasilkan bunga berkualitas tinggi dan sangat indah.


"Satu pohon ada penutupnya sendiri dari jerami. Itu luar biasa mahal. Mungkin sekitar Rp 150.000 - Rp 175.000 per tangkai," kata Dina.

Bunga ini biasanya diminati pengantin sebagai hand bouquet. Satu buket bunga saja, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

"Satu hand bouquet untuk pengantin bisa sampai Rp 5 juta. Kadang pengantin sampai nangis kalau saking kepingin itu," tuturnya.

Simak Video "Patut Ditiru! Begini Caranya Kurangi Sampah Kain "
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)