5 Pelajaran Cinta dari Ustad Maulana yang Kehilangan Istri Karena Kanker

Silmia Putri - wolipop Senin, 21 Jan 2019 12:00 WIB
Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikHOT Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikHOT

Jakarta - Wafatnya istri Ustad Maulana, Hajjah Nur Aliyah menyisakkan kesedihan yang mendalam tak hanya bagi keluarga tapi juga bagi orang-orang yang mengenalnya. Sifat dermawan, patuh kepada suami, dan sholehah membuat sosok Nur Aliyah sangat dikagumi banyak orang.

Kisah cinta ustad Maulana dan sang istri pun begitu indah dan inspiratif. Tak pernah terdengar isu miring maupun pertengkaran pada 10 tahun pernikahan mereka berdua. Berikut adalah lima pelajaran yang bisa kita ambil dari pernikahan Ustad Maulana.


1. Rela Menunggu 15 Tahun hingga Halal

Ustad Maulana jatuh hati pada Nur Aliyah saat masih sama-sama nyantri di Pesantren An Nadlah Makassar. Namun, kala itu mereka masih muda dan Ustad Maulana sadar tidak bisa langsung meminangnya.

Ustad Maulana sempat mengutarakan perasaannya kepada Nur Aliyah, tapi ia mengungkap jika jodoh maka mereka akan bertemu lagi. Ustad Maulana tidak menjalin hubungan pacaran yang tidak halal.

2. Jodoh Tak Kemana

Benar saja, jodoh tak ke mana. Kurang lebih 15 tahun kemudian, ustad Maulana kembali bertemu Nur Aliyah di sebuah acara reuni. Tak lama setelah itu, ibu dari ustad Maulana meminta sang ustad untuk menikah.

Ustad Maulana menceritakan kepada ibunya bahwa ada wanita yang ia sukai sejak 14 tahun lalu. Sang ibu pun mengantar ustad untuk melamar Nur Aliyah menaiki becak. Sebuah kesederhanaan yang menyentuh hati.

3. Menjadi Istri yang Pengertian dan Tidak Mengeluh

5 Pelajaran Cinta dari Ustad Maulana yang Kehilangan Istri Karena KankerUstad Maulana dan almarhum istrinya. Foto: Instagram


Setelah menikah ustad Maulana mengungkap istrinya sangat pengertian. Istrinya juga sholehah, patuh kepada suami. Bagi ustad Maulana, sang istri sangat sempurna.

"Ia seperti Siti Khadijah bagi saya. Seluruh harta diberikan di jalan Allah. Ia pun seperti Siti Hajar, yang ditinggal suami dan membesarkan anak-anak sendiri, ia juga seperti Aisyah yang cantik dan pintar," ungkap ustad Maulana kepada Oki Setiana Dewi dikutip dari Instagram.

4. Ustad Maulana Tak Pernah Memarahi Istri Selama 10 Tahun Pernikahan

Karena sifat istri yang begitu pengertian, ustad Maulana mengakut tidak pernah memarahi istrinya selama 10 tahun 8 bulan pernikahan. Sifat pengertian tak hanya dimiliki sang istri, tapi juga ustad Maulana yang senantiasa menjaga emosi dan egonya.

5. Merelakan Suami bekerja untuk Umat

Ustad Maulana berdakwah di Jakarta dan mengisi acara di sebuah stasiun televisi. Namun, ia tidak rela memboyong seluruh keluarga ke Jakarta karena tidak mau istri dan anak-anaknya jauh dari keluarga besarnya.

Istrinya merawat keluarga di Makassar. Ia merelakan suaminya bekerja untuk umat. Ustad Maulana pun sesekali pulang ke Makassar untuk berkumpul dengan keluarganya. (sil/sil)