4 Cara untuk Menghindari Sakit Kepala Saat Naik Pesawat

Hestianingsih - wolipop Rabu, 04 Des 2019 07:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Pesawat terbang merupakan salah satu moda transportasi paling efisien untuk bepergian antarkota maupun antarnegara saat ini. Namun tidak jarang penumpang mengalami sakit pada kepala atau telinga saat pesawat akan terbang dan mendarat.

Kondisi sakit kepala ketika terbang dengan pesawat ini biasa disebut aviation headache. Terjadi karena radang sinusitis paranasal yang berlubang, disebabkan oleh perbedaan tekanan udara masuk dan keluar dari tubuh.

Agar penerbangan dengan pesawat lebih nyaman, ini langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari sakit kepala saat naik pesawat, seperti dikutip dari Elite Readers.


1. Minum Ibuprofen Sebelum Terbang
Foto: thinkstock

Jika Anda rentan sakit kepala saat penerbangan, minumlah ibuprofen satu atau dua jam sebelum terbang. Jika sakit kepala datang saat sudah berada di dalam pesawat, bisa langsung mengonsumsi tablet tersebut.

2. Hindari Makanan Pemicu Sakit Kepala
Foto: iStock

Makanan tertentu bisa memicu sakit kepala. Beberapa makanan yang harus dihindari dalam waktu 12-24 jam sebelum Anda terbang adalah keju, anggur merah, cokelat dan daging olahan. Makanan ini mengandung senyawa kimia tyramine yang memberi sinyal kepada jalur nyeri untuk mereka yang mengalami migrain atau sakit kepala.

3. Hindari Minuman Manis dan Alkohol
Foto: Thinkstock

Daripada memilih minuman seperti kopi, anggur merah, atau minuman beralkohol, lebih baik minum banyak air untuk mencegah dehidrasi. Sangat penting untuk minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi terutama dalam penerbangan jarak jauh.


4. Bawa Perlengkapan Tidur
Foto: iStock

Ini adalah hal yang paling penting jika Anda terbang lama. Kurang tidur dapat memicu migrain maka dari itu sediakan perlengkapan tidur seperti bantal leher, kaos kaki, penutup mata dan selimut agar bisa terlelap saat di pesawat.

Simak Video "Gokil! Pria Ini Bolak-balik Kerja Naik Pesawat Setiap Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)