Apes! Pria Sewa Penginapan Online, Saat Datang Ternyata Cuma Kontainer Bekas

Hestianingsih - wolipop Jumat, 17 Mei 2019 13:03 WIB
Foto: Dok. Boredpanda Foto: Dok. Boredpanda

Amsterdam - Airbnb jadi pilihan banyak traveler mencari sewa rumah atau apartemen untuk menginap selama berlibur. Selain praktis, harga penginapan juga cukup bersaing dan bisa mengakomodir kebutuhan dengan berbagai bujet.

Tapi jika tidak teliti sebelum menyewa, bisa-bisa kamu bernasib seperti pria ini. Ben Speller dibuat kecewa oleh seorang host yang menawarkan penginapan di Airbnb.

Alih-alih tempat bermalam nyaman dan harganya terjangkau, ia justru 'disuguhkan' sesuatu yang mencengangkan. Ini cerita sedihnya.

Ben Speller yang berencana bepergian ke Amsterdam mencari pilihan penginapan melalui Airbnb. Ia pun menemukan tempat yang sesuai kebutuhan dan bujetnya.
Apes! Pria Sewa Penginapan Online, Saat Datang Ternyata Cuma Kontainer BekasFoto: Dok. Boredpanda

Tanpa lihat-lihat lagi, Ben langsung memesan apartemen yang diklaim sang pemilik 'bersih' dengan 'kamar mandi pribadi'. Sewa tempat per malam dikenakan biaya 100 Poundsterling atau Rp 1,8 jutaan.

'Bencana' bagi Ben dimulai saat ia datang ke lokasi penginapan. Bukan apartemen ataupun rumah yang ditemukannya, melainkan kontainer bekas yang 'teronggok' di tepi jalan.

Di dalam kontainer hanya terdapat matras, selimut, tiga bantal dan meja. Kamar mandi 'bersih' yang dijanjikan di website pun ternyata hanya toilet portable.
Apes! Pria Sewa Penginapan Online, Saat Datang Ternyata Cuma Kontainer BekasFoto: Dok. Boredpanda

"Kami sudah melewatinya tiga kali pakai taksi mencari-cari tempatnya. Kami pikir, 'tidak mungkin ini (tempatnya)'. Tapi ketika keluar, ternyata benar adanya. Kami buka pintu dan melongok ke dalam, mengunci pintunya lagi dan pergi. Lalu kami menginap di hotel," kata Ben kepada situs berita lokal, seperti dilansir Bored Panda.

Pihak Airbnb pun tak tinggal diam. Dibantu seorang manajer dari distrik di wilayah kontainer tersebut berada, mereka mencoba menemukan pemiliknya namun tidak juga terlacak.

"Kami sudah menghilangkan host dan listing-nya dari platform kami. Kebohongan dan penipuan tidak akan mendapat tempat di platform kami," ujar perwakilan Airbnb.
Apes! Pria Sewa Penginapan Online, Saat Datang Ternyata Cuma Kontainer BekasFoto: Dok. Boredpanda

Kontainer tak bertuan itu akhirnya dipindahkan dari tempatnya. Airbnb juga mengganti biaya sewa hotel dan mengembalikan uang sewa kontainer kepada Ben.

Pengalaman Ben mungkin bisa dijadikan pelajaran untuk lebih berhati-hati dan teliti sebelum membeli. Periksa dengan seksama alamat rumah/apartemen, juga baca review dari penyewa-penyewa sebelumnya.
(hst/hst)