Inspiratif! Pasangan Keliling Dunia dengan Menabung Rp 60 Ribu Sehari

Hestianingsih - wolipop Minggu, 13 Jan 2019 15:30 WIB
Foto: (CNN) Foto: (CNN)

Jakarta - Ingin bepergian keliling dunia, tapi terkendala biaya? Tidak ada yang tidak mungkin kalau kamu punya keinginan dan berusaha.

Jika kamu bercita-cita keliling dunia tapi memiliki bujet yang terbatas, mungkin bisa mengambil inspirasi dari pasangan lansia asal India ini. Vijayan dan Mohana, sehari-harinya hidup sederhana dengan berjualan teh. Tapi pasangan suami-istri ini telah mengunjungi sedikitnya 23 negara sepanjang hidup mereka. Bagaimana bisa?

Vijayan dan Mohana, keduanya hampir berusia 70 tahun, memiliki kedai teh kecil yang di Kochi, India, yang mereka kelola sendiri. Setiap harinya ada 300 hingga 350 pembeli yang mengunjungi kedai bernama Sree Balaji Coffee House tersebut.

Selain berjualan teh, pasangan yang telah menikah selama 45 tahun ini juga mendedikasikan hidupnya untuk berkeliling dunia. Benua Asia hingga Amerika pun telah mereka jabani. Singapura, Swiss, Brasil, Peru, Argentina hingga New York City adalah beberapa negara yang pernah dikunjungi.

Inspiratif! Pasangan Keliling Dunia dengan Menabung Rp 60 Ribu SehariFoto: Dok. Invisible Wings
Harta mereka memang tidak berlimpah. Tapi dengan menabung dan berhemat, Vijayan dan Mohana bisa mewujudkan mimpinya berkeliling dunia secara rutin.

Setiap harinya, mereka menyisihkan uang sebesar 500 Rupee atau sekitar Rp 60 ribu. Mereka juga mengajukan pinjaman ke bank untuk membiayai perjalanan. Utang bank mereka lunasi selama tiga tahun, setelah mereka bepergian ke negara impian. Setelah tiga tahun dan utang lunas, mereka kembali merencanakan untuk pergi ke destinasi yang lain.

Perencanaan jadi hal penting ketika mereka traveling agar pengeluaran selama jalan-jalan tidak melebihi bujet. Saat liburan, mereka akan semakismal mungkin menikmati uang hasil tabungan dan kerja kerasnya. Sedangkan saat tidak sedang bepergian, keduanya sebisa mungkin berhemat.

Kisah inspiratif Vihjan dan Mohana yang inspiratif ini dibagikan seorang konglomerat perusahaan ternama India, Anand Mahindra dari Mahindra Group lewat Twitter-nya dengan 6,7 juta follower.

Sejak diunggah pada 8 Januari 2019, pasangan ini pun jadi viral. Postingan Anand Mahindra telah di-retweet lebih dari 11.000 kali dan mendapatkan 32 ribuan like.

Inspiratif! Pasangan Keliling Dunia dengan Menabung Rp 60 Ribu SehariFoto: Dok. Invisible Wings
Kisah Vijayan dan Mohana sendiri telah ditampilkan dalam dokumenter bertajuk 'Invisible Wings - A Tea Seller Who Travelled The World'. Dokumenter garapan Hari M Mohanan itu keluar sebagai pemenang dalam Filmfare Awards 2018, untuk kategori Best Film Non Fiction.

"Mereka mungkin bukan sosok dalam daftar Orang Terkaya Forbes tapi di mata saya, mereka berada di antara orang-orang terkaya di negara kami. Kekayaan mereka adalah sikap mereka dalam menjalani hidup. Lain kali aku berada di kota mereka aku pastiakan mampir untuk minum teh dan melihat perjalanan mereka," tulis Anand di postingan Twitter-nya.

Perjalanan Vijayan dan Mohana berkeliling dunia belum akan selesai dalam waktu dekat. Mimpi mereka selanjutnya adalah mengunjungi Swedia, Denmark, Norwegia dan Belanda. Pasangan ini pun punya alasan tersendiri dengan ambisi mereka traveling ke berbagai belahan bumi.

"Akan mengubah pola pikir dan budaya kamu. Hidup itu indah. Kami menikmatinya," pungkas Vijayan.
(hst/ami)