Liputan Khusus Persiapan Lebaran

5 Cara Mencegah Anak Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 01 Jul 2016 10:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mabuk perjalanan saat pergi mudik seringkali dialami oleh sebagian orang, terutama anak-anak yang masih balita. Hal tersebut umum dialami saat seseorang belum terbiasa melakukan perjalanan jauh melalui darat, laut atau udara.

Seperti dikutip dari Raising Children, beberapa tanda mabuk perjalanan adalah anak mengalami sakit kepala, wajah pucat, perut kembung, hingga muntah. Meski mabuk perjalanan akan hilang dengan sendirinya setelah sampai di tempat tujuan, namun tidak ada salahnya lakukan beberapa hal ini untuk menghindari anak terkena mabuk perjalanan. Apa saja?

1. Perut Jangan Kosong
Sebelum bepergian, hindari konsumsi makanan yang berlemak dan berminyak. Namun tetap harus makan agar perut tidak kosong dan sakit di jalan.

2. Buka Jendela
Saat di perjalanan, sebisa mungkin hadirkan udara sejuk di sekitar anak. Jika Anda bepergian melalui jalur darat atau laut, tak ada salahnya buka kaca jendela dan biarkan angin masuk agar anak tidak sesak napas.

3. Alihkan Perhatian
Alihkan perhatian anak dengan mengajaknya mengobrol atau melihat sesuatu yang dilewati. Namun sebaiknya mereka tidak perlu melihat benda-benda yang bergerak karena akan membuatnya semakin pusing. Jangan pula membuatnya membaca di dalam kendaraan yang bergerak.

4. Mendongakkan Kepala
Beberapa orang percaya jika mendongakkan kepala ke atas dan duduk diam serta tarik napas panjang dapat membuat mabuk perjalanan akan hilang dengan sendirinya. Jika anak masih merasa ingin muntah atau mengeluh dirinya sakit, berilah dia udara segar dengan membuka kaca jendela.

5. Minum Obat
Mabuk perjalanan bisa dicegah dengan meminum obat anti mabuk yang bisa dibeli di apotik. Namun sebelum itu periksakanlah dulu dengan dokter apakah obat tersebut cocok dengan usia anak Anda. Persiapkan tisu basah, handuk kecil, dan baju ganti untuk berjaga-jaga jika sang buah hati mendadak mabuk perjalanan dan muntah di jalan. (int/hst)