Liputan Khusus Mudik & Lebaran

Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Mudik dengan Mobil

- wolipop Jumat, 02 Agu 2013 15:06 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Anak kecil atau balita seringkali tidak betah berada di jalan terlalu lama. Hal ini tentu akan merepotkan perjalanan ketika mudik, terutama bagi Anda yang menggunakan mobil. Agar anak tidak rewel selama perjalanan, berikut tips untuk Anda yang mengajak si kecil mudik dengan mobil, seperti dikutip dari Telegraph.

1. Tidak Terlalu Memaksakan Bawa Banyak Barang
Pastikan ada cukup ruangan untuk si kecil bergerak. Tidak perlu terlalu memaksakan seluruh barang dimasukkan ke dalam mobil. Jika mobil terlalu penuh barang, anak akan merasa tidak nyaman dan rewel di jalan.

2. Pastikan Barang Bawaan Terikat dengan Baik
Pastikan barang bawaan tidak tiba-tiba 'terbang' yang bisa mengganggu atau menyakiti anak. Jika hal itu terjadi, anak akan menangis dan bisa rewel seharian.

3. Bawa Beberapa Kantong Plastik
Kantong plastik sangat berguna saat Anda pergi mudik dengan mobil. Selain untuk menyimpan sampah selama perjalanan, mungkin saja anak mabuk darat sehingga kalau muntah bisa segera diatasi tanpa harus mengotori mobil.

4. Download Games Khusus Anak di Gadget
Jika ingin si kecil nyaman dan tetap ceria selama perjalanan, Anda bisa mengunduh berbagai permainan dari internet. Permainan tersebut bisa menjadi alternatif hiburan saat mereka bosan. Untuk anak-anak yang masih balita, Anda bisa mengunduh permainan ringan seperti mengenal huruf, benda, angka, buah dan lain-lain.

5. Pasang Tirai di Kaca Mobil
Anda juga bisa memasang tirai di jendela mobil dekat anak duduk agar mereka tidak kepanasan saat matahari sedang terik-teriknya. Tirai bisa membuat anak tidak rewel akibat kepanasan terkena paparan sinar matahari.

6. Letakkan Barang-barang Anak di Satu Kotak Khusus
Sebaiknya letakkan barang-barang anak di satu kotak khusus. Kotak tersebut jangan digabungkan dengan bawaan lainnya karena jika anak mulai rewel bisa segera mengatasinya dengan memberi mainan favoritnya dari kotak itu. Kotak itu nantinya juga bisa berfungsi sebagai meja.

7. Bawa Pemutar DVD Portable atau Laptop
Anda bisa membawa pemutar DVD Portable atau laptop untuk menyuguhkan anak film-film kesukaannya ketika ia mulai rewel karena macet. Biarkan mereka memilih sendiri DVD film mana saja yang mau dibawa.

8. Berangkat Malam Hari
Jika perjalanan mudik Anda cukup jauh, sebaiknya berangkat malam hari agar anak bisa tidur. Perjalanan pagi hari walaupun cukup membuat anak senang karena mereka dapat melihat pemandangan akan berisiko membosankan. Anak bisa tiba-tiba minta turun karena bosan.

9. Bawa Camilan Sehat
Penting membawa camilan sehat sebelum melakukan perjalanan jauh bersama anak. Jangan biarkan anak makan terlalu banyak makanan manis, asin dan dingin. Makanan-makanan tersebut bisa membuat mereka menjadi terlalu aktif.

10. Pilih Tempat Istirahat yang Memiliki Area Bermain
Saat pergi dengan anak yang masih balita sebaiknya pilih tempat pemberhentian yang ada kawasan bermainnya. Sebelumnya, Anda bisa mencari dulu di internet serta bertanya pada kerabat dekat area mana saja yang bisa jadi tempat pemberhentian saat mudik dengan anak-anak.

11. Kenali Anak dengan Rute Mudik
Untuk anak-anak yang sudah cukup besar, Anda bisa memberitahunya mengenai rute mudik Anda dan keluarga. Berikan anak peta dan minta dia menandai daerah mana saja yang sudah dilewati. Biarkan anak merasa terlibat dalam perjalanan tersebut.

12. Pastikan Keamanan Anak Selama Perjalanan
Pastikan keamanan dan keselamatan anak terjaga selama perjalanan. Untuk anak yang masih bayi atau balita, Anda bisa menempatkannya di car seat. Jika anak sudah cukup besar, jangan lupa untuk memakaikannya sabuk pengaman.


(aln/aln)