ADVERTISEMENT

BFF LazMall 2022: Kebiasaan Belanja Hingga Cara Baru Beli Makeup Online

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 02 Sep 2022 08:38 WIB
James Dong selaku CEO Lazada Group Foto: Dok. Lazada
Jakarta -

Belanja online semakin jadi kebutuhan dan kebiasaan setelah pandemi Corona. Banyak orang beralih ke situs belanja daripada toko juga untuk mendapatkan lebih banyak pilihan dan potongan harga, terutama di tanggal-tanggal kembar seperti 9.9. Untuk membahas perkembangan dan inovasi lebih dalam, Lazada menggelar LazMall Brands Future Forum (BFF) setiap tahunnya.

LazMall BFF digelar untuk ketiga kalinya di Singapura kali ini dengan tema "Empowering Connections through eCommerce." Acara tersebut tahun ini juga bermaksud mengundang brand dan para pemimpin industri untuk saling bertukar ide dan inovasi. Dalam gelaran yang diadakan di Resorts World Sentosa pada Rabu, (1/9/2022), situs belanja asal Singapura itu menampilkan temuan mereka, booth interaktif hingga pengumuman pemenang BFF 2022 Awards.

Salah satu yang disoroti tahun ini adalah pergeseran kebiasaan belanja pascapandemi melanda. Setelah lebih banyak orang terbiasa dengan e-commerce, situs tersebut kini bahkan diandalkan untuk memperoleh rokemendasi produk lebih dibanding mesin pencari atau media sosial. Berdasarkan studi Lazada, 57% orang terbiasa mencari produk yang diinginkan langsung dari aplikasi atau website e-commerce. Tak tanggung-tanggung setelah browsing 94% konsumer akan lanjut melakukan pembelian.

Lazmall Brand Future Forum 2022Lazmall Brand Future Forum 2022 Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

"Beberapa kebiasaan yang timbul selama pandemi tetap bertahan. Sebuah studi yang kami baru-baru ini penetrasi pengguna e-commerce di Asia Tenggara diprediksi naik sampai 63% dalam 2025 yang mana naik dari hanya 53% dari sekarang. Ini artinya akan ada lebih dari 400 juta pengguna.

"Laporan yang sama juga menemukan lebih dari konsumer Asia Tenggara sekarang menggunakan e-commerce sebagai mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka mau. E-commerce seperti Lazada telah melampaui media sosial dan mesin pencari untuk menjadi pilihan tempat mencari (produk).

Lazmall Brand Future Forum 2022Lazmall Brand Future Forum 2022 Foto: Rahmi Anjani/Wolipop

"Jadi sekarang kita punya kesempatan untuk membangun mindshare dan terhubung dengan konsumer menggunakan fitur-fitur di Lazada yang bisa meningkatkan pertumbuhan dan menghubungkan dengan audiens yang tepat," kata James Dong selaku CEO Lazada Group dalam paparannya.

Perkembangan dan inovasi terkait teknologi yang digunakan Lazada juga menjadi poin penting dalam BFF tahun ini. Howard Wang selaku Lazada Group's Chief Technology Officer menjelaskan bagaimana intelegensi data terbukti membantu brand juga penjual menjangkau target mereka. Sedangkan teknologi Virtual Try On membuat pembeli makeup mendapatkan warna produk yang diinginkan.

"Virtual Try On membuat konsumer bisa memilih dan mencoba produk, seperti eye shadow, eyeliner, foundation, dan blush on dari mana pun. Fitur ini terbukti sukses meningkat hingga 11% pemesanan," kata Howard.

Acara LazMall BFF 2022 ditutup dengan penghargaan kepada brand dan produk yang bekerja sama dengan situs belanja tersebut. Salah satu yang tahun ini mendapat apresiasi adalah Nars untuk produk Light Reflecting Foundation.

Lazmall Brand Future Forum 2022Lazmall Brand Future Forum 2022 Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
(ami/ami)