ADVERTISEMENT

Jelang Lebaran, Simak 3 Tips Belanja Online yang Mudah dan Aman!

Nada Zeitalini Arani - wolipop Selasa, 26 Apr 2022 12:55 WIB
Ilustrasi Belanja Online Foto: Jenius
Jakarta -

Di era digital, belanja online menjadi pilihan para milenial dalam memenuhi kebutuhan, mulai dari membeli makanan, pakaian, makeup, hingga peralatan rumah. Kini semuanya sudah bisa dibeli secara online.

Banyak orang memilih belanja online karena kemudahannya, serta efisiensi waktu dan tenaga. Terlebih di momen menyambut Lebaran seperti ini, banyak orang berburu kebutuhan melalui belanja online. Namun di sisi lain, keamanan belanja online menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat. Oleh karena itu Anda bisa memilih sistem pembayaran yang mudah dan tepercaya.

Dilansir dari Webroot, berikut adalah tips belanja online dan transaksi uang secara online yang bisa Anda ikuti agar lebih aman dan terhindar dari penipuan.

Pastikan Reputasi Merchant

Sebelum melakukan pembelanjaan secara online, Anda perlu memastikan reputasi merchant/toko. Pastikan toko tersebut memiliki kualitas dan reputasi yang baik. Periksa terlebih dahulu latar belakang toko seperti rating dan ulasan pembeli sebelumnya melalui media sosial atau website toko.

Anda juga bisa memilih untuk berbelanja online di toko yang telah tergabung sebagai merchant e-commerce. Dengan begitu dana pembayaran akan lebih aman karena melalui pihak ketiga sebelum diberikan kepada pihak penjual.

Hindari Memberi Data Pribadi yang Bersifat Rahasia

Berbelanja online tentunya memang membutuhkan beberapa informasi yang perlu diberikan. Misalnya nama lengkap, alamat, dan nomor telepon sebagai data untuk proses pengiriman.

Namun, Anda perlu berhati-hati terhadap toko yang meminta informasi yang bersifat rahasia, yang tertera pada kartu pembayaran, seperti nomor kartu debit/kredit, CVV, kata sandi, dan sebagainya untuk alasan proses pengiriman.

Pilih Metode Pembayaran yang Aman

Tips lainnya yaitu memilih dan memperhatikan metode pembayaran yang digunakan dalam berbelanja online. Biasanya e-commerce atau aplikasi belanja online menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran, mulai dari Cash on Delivery (COD), pembayaran dengan kartu kredit, transfer virtual account, hingga transfer antarbank.

Apabila Anda berbelanja di beberapa merchant partner Jenius, tersedia juga pilihan untuk menyelesaikan transaksi menggunakan Jenius Pay. Jenius Pay adalah salah satu fitur di aplikasi Jenius dari Bank BTPN yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi online dengan mudah dan aman, karena Anda hanya perlu memasukkan $Cashtag yang merupakan identitas unik di Jenius sebagai pengganti nomor rekening.

Pembayaran pun bersifat real-time sehingga tak perlu buang-buang waktu, misalnya menunggu One-Time Password (OTP) masuk hingga 5 menit. Pembayaran pakai Jenius Pay juga bisa dilakukan di lebih dari 60 merchant dengan lebih praktis tanpa perlu memasukkan informasi kartu debit/kredit atau transfer antar bank.

Beberapa merchant yang mendukung layanan Jenius di antaranya e-commerce sepeti Blibli, Tokopedia, JD.id, dan Dinomarket. Kemudian ada juga merchant F&B seperti Kopi Kenangan, belanja kebutuhan makanan seperti Sayurbox, hingga travel seperti Air Asia.

Melalui Jenius Pay, Anda juga bisa lebih aman dari oknum jahat dalam transaksi online. Selain itu, tidak hanya bersumber dari Saldo Aktif, pembayaran Jenius Pay kini juga bisa pakai Flexi Cash. Flexi Cash adalah dana fleksibel untuk beragam kebutuhan yang penarikan dan cicilannya fleksibel dipilih sendiri. Untuk Anda yang ingin menggunakannya, cukup memilih metode pembayaran Flexi Cash pada laman pembayaran Jenius Pay di aplikasi Jenius.

Buat Anda yang ingin mendaftar dan mencoba Flexi Cash dari Jenius, ikutilah beberapa langkah ini. Pertama, buka aplikasi Jenius di smartphone dan masuk ke halaman Wealth, lalu pilih Credit.

Kemudian pilih Ajukan Flexi Cash, ketahui estimasi limit, dan pilih 'Saya Mau Ajukan Flexi Cash. Selanjutnya lengkapi data diri Anda, alamat tempat tinggal, pekerjaan, info kerabat dekat. Terakhir pilih Lanjut dan tunggu proses pengajuan Flexi Cash Anda.

Proses verifikasi data dan pengajuan Flexi Cash dapat berlangsung hingga 5 hari kerja, Anda akan menerima notifikasi saat proses selesai. Bila pengajuan Flexi Cash disetujui, Anda akan mendapat penawaran berapa limit kredit dan bunga yang akan dikenakan. Lalu pilih 'Terima Penawaran' untuk segera mengaktifkan Flexi Cash dan Anda bisa langsung menarik dana fleksibel ini atau menggunakannya untuk melakukan pembayaran pakai Jenius Pay.

Makin mudah kan pembayaran nontunai digital dengan Flexi Cash di Jenius Pay? Yuk download Jenius sekarang untuk mengakses berbagai fitur menarik biar belanja lebih mudah dan aman!



Simak Video "Baju Set Keluarga Masih Jadi Idaman untuk Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)