3 Cara Mudah Setop Hobi Belanja Online yang Bikin Boros Selama Pandemi

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 23 Agu 2021 21:00 WIB
Ilustrasi Belanja Online Foto: Dok. Zebra
Jakarta -

Selama pandemi Corona pasti semakin banyak orang hobi belanja online. Tidak bisa bebas bepergian memang terpaksa membuat kita harus beralih ke e-commerce atau media sosial. Tapi sayangnya selain kebutuhan keseharian, hal-hal kurang penting justru kadang lebih sering dibeli dan membebani kondisi finansial. Bagaimana caranya agar bisa setop dan mulai hemat?

Pakar mengungkap jika belanja online memang mendatangkan kesenangan terlebih di masa pandemi di mana banyak orang tak bisa bepergian, bosan dan mengalami tekanan. Sebagian juga menjadikannya alasan untuk menghadiahi diri sendiri di masa sulit ini. Belanja dan membuka paket baru memang memunculkan hormon bahagia yakni dopamin seperti kita menikmati makanan enak atau sedang jatuh cinta.

"Banyak waktu luang atau tidak ada yang dilakukan, ditambah kebanyakan melihat layar di depan komputer atau ponsel selama lockdown bisa jadi penyebabnya. Sangat mudah untuk mengakses tren euforia instan ini," kata Dr Frank Chow, director of Sydney practice 2OP Health kepada Body and Soul.

Hobi yang bikin senang sesaat ini bisa merugikan ketika menjadi sebuah siklus. Kecanduan belanja dapat menimbulkan merugikan finansial hingga terganggunya hubungan dengan orang-orang terdekat. Karenanya, sebelum terlambat kebiasaan itu patut dikendalikan kalau tidak bisa dihilangkan sepenuhnya.

"Sekali aktivitas dan sistem menghadiahi diri sendiri itu berlangsung cukup lama, itu bisa menciptakan kecanduan dan ketergantungan. Seperti siklus berulang, menciptakan perasaan euforia," tambah Dr Frank.

Berikut tiga mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan atau hobi belanja online yang kurang penting selama pandemi COVID-19 menurut Dr Frank.

1. Kurangi waktu menatap layar gadget. Jika perlu matikan laptop setelah bekerja atau tidak lagi butuhkan, terutama saat malam hari.
2. Perbanyak gerak atau olahraga untuk meningkatkan dopamin atau hormon bahagia. Dengan begitu, diharapkan kamu tidak akan mencari kesenangan lain dari berbelanja selain juga menjaga kesehatan selama masa pandemi Corona.
3. Cari hobi baru kalau bisa yang tidak membutuhkan gadget agar kamu tidak tergoda membuka media sosial atau situs belanja. Kamu bisa beralih ke membaca, menjahit, belajar bahasa atau alat musik.


(ami/ami)