Tips Belanja Hemat Selama Ramadan, Kantong Dijamin Aman!

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Senin, 12 Apr 2021 18:56 WIB
Belanja Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Memasuki bulan suci Ramadan, kebutuhan keluarga akan meningkat. Selama sebulan penuh kamu akan sibuk menyiapkan berbagai keperluan agar kegiatan ibadah puasa semakin lancar, mulai dari menu sahur sampai kebutuhan berbuka.

Tidak heran apabila kegiatan belanja seolah jadi hal yang paling wajib untuk dilakukan. Namun sering kali, berbelanja saat Ramadan bikin kamu jadi khilaf karena tidak bisa menahan diri untuk membeli banyak barang, akibatnya keuangan jadi berantakan.

Nah, untuk menjaga isi dompet tetap aman, simak tips belanja hemat selama Ramadan dilansir dari beragam sumber berikut ini.

Buat Perencanaan

Sebelum menggunakan uang untuk belanja kebutuhan Ramadan sebaiknya buat perencanaan terlebih dahulu. Tulis apa saja kebutuhan yang perlu dibeli setiap hari. Usahakan untuk membeli apa yang benar-benar dibutuhkan dan hindari membeli barang yang tidak masuk ke dalam daftar belanja, dengan begitu kamu bisa menghemat pengeluaran.

Cermat Membeli Makanan

Sebelum berbelanja, kamu wajib mengetahui bahan makanan apa yang bisa dan tidak bisa disimpan dalam kurun waktu cukup lama. Dengan begitu, kamu bisa menentukan bahan mana yang sebaiknya disimpan sebagai stok, seperti bahan makanan yang kering dan aneka bumbu untuk memasak. Bahan makanan dengan masa simpan pendek sebaiknya tidak dibeli berlebihan, melainkan secukupnya sesuai dengan kebutuhan.

Lihat Alternatif Barang yang Lebih Murah

Jika kamu ingin berhemat, sebaiknya bersiap untuk melihat alternatif produk yang lebih murah di supermarket atau produk yang dijual dengan harga khusus. Tahan diri untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan, meskipun barang tersebut sedang ada promo seperti beli satu gratis satu.

Manfaatkan Promo dan Diskon

Guna menyiasati tingginya kebutuhan di Bulan Ramadan, nggak ada salahnya untuk memanfaatkan promo dan diskon yang ada. Apalagi selama sebulan ini, biasanya banyak pasar dan supermarket yang menawarkan promo dan diskon menarik.

Nah, kabar gembira bagi kamu pengguna Kartu BNI. Pasalnya kamu bisa menikmati diskon lebih tinggi hingga 30% saat berbelanja menggunakan Kartu BNI di berbagai supermarket, seperti Ranch Market, Kem Chicks, Lotte Mart, GrandLucky, Super Indo, dan Hypermart. Beli kebutuhan keluarga di Bulan Puasa jadi makin hemat.

Ada pula Promo Dining & Hampers hingga 30% di Pizza Hut, The Harvest, Shabu Hachi, Seribu Rasa, Penang Bistro dan Bakerzin. Promo ini memudahkan kamu untuk berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan dan mengeratkan silaturahmi dengan mengirimkan hampers ke keluarga maupun kerabat dekat.

Jangan lewatkan juga Promo Fashion dari BNI. Ada diskon lebih tinggi hingga Rp 400 ribu di Fossil, Urban Icon, MAP Club, Zalora, CottonInk dan Matahari. Informasi lebih lanjut, hubungi BNI Call 1500046 atau cek Instagram @bni46.



Simak Video "Berkat Kepercayaan Diri, Putri Tanjung Dapat Menjadi Creativepreneur Di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)