Jelang Ramadan, Simak Tips Menyimpan Makanan Agar Tahan Lama

Inkana Putri - wolipop Rabu, 22 Apr 2020 16:56 WIB
ilustrasi tas belanja Foto: iStockphoto/Amax Photo
Jakarta -

Tidak terasa bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Memasuki bulan Ramadan, tentunya banyak hal yang harus kamu persiapkan salah satunya yaitu makanan.

Agar persediaan makanan di rumah aman selama Ramadan dan wabah Corona, kamu bisa mengakalinya dengan menyimpan stok makanan dengan benar. Makanan yang disimpan dengan benar tentunya akan segar lebih lama, sehingga kamu juga bisa menggunakannya dalam waktu yang lebih lama juga. Melansir The Spruce Eats, berikut beberapa tips menyimpan makanan agar tetap fresh.

Pisahkan Sayuran dan Buah

Menyimpan sayuran dan buah merupakan hal yang penting. Beberapa buah seperti apel dan pir memiliki gas yang dapat mempercepat proses pematangan. Jika disatukan dengan sayur, hal ini akan membuat sayur menjadi layu, busuk, dan menguning. Ada baiknya jika kamu memisahkan buah dan sayur di tempat atau laci yang berbeda.

Simpan di Kulkas

Agar membuat makanan bisa bertahan lebih lama, kulkas memang sering sekali menjadi solusinya. Namun, tidak semua buah atau sayur akan bertahan lama didalam kulkas. Setiap makanan memiliki waktu yang berbeda-beda. Seperti halnya terong, seledri, paprika, dan mentimun bisa bertahan hingga seminggu di dalam kulkas. Sementara, kecambah, brokoli, labu, dan kacang hijau hanya bertahan 3-5 hari saja.

Beberapa sayur juga akan bertahan lama jika disimpan di dalam kulkas dengan benar. Wortel dan lobak yang di simpan di dalam kantong plastik, bisa bertahan selama 2 minggu. Sedangkan, jamur bisa bertahan 3-5 hari jika disimpan di dalam kantong kertas.

Letakan di Tempat Sejuk

Beberapa sayuran akan tetap segar jika diletakkan di tempat yang sejuk atau bersuhu ruangan, jauh dari kelembaban, panas, dan cahaya. Dapur menjadi tempat yang cocok untuk beberapa makanan seperti bawang, kentang, ubi jalar, pasta, dan kacang-kacangan. Suhu ideal untuk dapur Anda adalah antara 50 dan 70 F. Dengan begitu, makanan tersebut bisa disimpan hingga satu minggu kedepan, atau bahkan sebulan lebih.

Simpan di Meja

Beberapa dari kamu mungkin sering menyimpan buah-buah diatas meja makan. Hal ini memang bisa dilakukan, tapi pastikan jangan taruh buah-buahan tersebut bersamaan dengan tomat. Selain itu, jauhi juga keranjang buah kamu dari sinar matahari.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar stok makanan kamu selama Ramadan dan Corona ini aman. Dengan begitu, kamu tidak perlu sering-sering keluar rumah untuk belanja sehari-hari. Jika stok makanan kamu habis, sekarang kamu bisa belanja keperluan makanan dari rumah lho. Grab bersama Sayurbox siap memenuhi kebutuhan harian kamu selama bulan Ramadan.

Ada banyak sayur dan buah segar, serta bahan pokok lainnya yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 999 saja. Bahkan, kamu juga bisa dapatkan potongan harga Rp 5.000 dengan kode voucher GRAB5. Untuk setiap belanja minimal Rp 125.000, kamu juga akan mendapatkan gratis ongkos kirim. Dengan begitu, kamu nggak perlu khawatir stok makanan sahur dan berbuka habis.



Simak Video "Mengintip Busana Ramadhan ala 9 Desainer Ternama"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)