Mal DKI Jakarta Buka Hari Ini, Ikuti Cara Aman Nge-mall di Masa Pandemi

Hestianingsih - wolipop Senin, 15 Jun 2020 11:23 WIB
Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal. Ilustrasi mal di Jakarta. Foto: iStock
Jakarta -

Hari ini, Senin (15/6/2020), sejumlah mal mulai dibuka di DKI Jakarta dalam masa PSBB transisi. Sebanyak 80 mal yang sudah diperbolehkan membuka pintunya untuk para pengunjung diwajibkan menjalankan protokol kesehatan.

Adapun protokol kesehatan yang telah ditentukan Pemprov dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta untuk pihak mal, beberapa di antaranya:

1. Harus jaga jarak antrian masuk mal dengan jarak 1 meter
2. Harus pakai masker
3. Suhu tubuh harus di bawah 37,5 derajat celcius
4. Mengikuti direction yang sudah dibuat pengelola
5. Kapasitas lift hanya untuk maksimal 6 orang
6. Saat di eskalator harus berdiri di step yang diberi tanda. Jarak antar orang adalah 3 step anak tangga
7. Toilet juga wajib antri dengan jarak 1 meter
8. Pembayaran diusahakan cashless
9. Di resto dine-in dan food court kapasitas juga 50 %
10. Semua karyawan pakai masker dan face shield
11. Musholla tanpa karpet dan diberi tanda berjarak 1 meter
12. Harus ada ruangan isolasi yg lengkap dengan peralatan APD, oksigen dll nya untuk P3K.
13. Harus ada parkir sepeda
14. Parkir motor berjarak 1 meter
15. Di mal harus punya gugus kendali COVID-19 untuk mengawasi pengunjung yang melepas masker di dalam mal
16. Setiap hari gedung dan area publik harus dibersihkan dengan disinfektan.

Meskipun mal sudah menerapkan dengan ketat protokol kesehatan, diperlukan juga kerja sama dari semua pengunjung untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri masing-masing. Seperti apa?

Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal.Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal. Foto: Rifkianto Nugroho


1. Jaga Kebersihan Diri

Jaga selalu kebersihan tangan baik dengan cuci tangan memakai air dan sabun selama 20 detik. Kamu bisa menggunakan hand sanitizer dalam keadaan darurat. Misalnya ketika tidak tersedia air serta sabun di dekatmu. Maka sangat penting untuk membawa hand sanitizer dan tisu basah di dalam tas ketika datang ke mal atau tempat umum manapun.

2. Hindari Menyentuh Wajah

Hindari menyentuh wajah terutama area mulut, hidung dan mata. Terutama setelah menyentuh instalasi publik seperti pegangan eskalator, pegangan pintu toilet, meja makan atau tombol lift.

3. Terapkan Etika Bersin dan Batuk

Tutupi hidung dan mulut dengan tisu ketika bersin atau batuk. Buanglah tisu bekas pakai tersebut ke tempat sampah lalu cuci tangan sampai bersih dan keringkan menggunakan tisu.

Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal.Pemkot Bekasi berencana merelaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah mal. Dengan kata lain, Pemkot mulai persiapan menyambut new normal. Foto: Rifkianto Nugroho


4. Pakai Masker

Penggunaan masker bisa mengurangi risiko penularan virus hingga 70 persen. Untuk itu sangat penting memakai masker kain maupun masker. Selain itu mal juga menerapkan agar pengunjung wajib menggunakan masker, jadi jika kamu mengabaikannya, bukan tidak mungkin kamu akan dilarang masuk bahkan diusir dari dalam mal.

5. Jaga Jarak

Semua mal juga memberlakukan protokol jaga jarak bagi para pengunjung. Maka kamu pun harus mematuhinya. Patuhi aturan dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain.

Summarecon Mall Bekasi bakal segera beroperasi penuh. Hal itu dilakukan secara bertahap mulai 8 Juni 2020. Berikut suasana terkininya.Summarecon Mall Bekasi bakal segera beroperasi penuh. Hal itu dilakukan secara bertahap mulai 8 Juni 2020. Berikut suasana terkininya. Foto: Rifkianto Nugroho


6. Jangan Coba Tester Produk

Sejumlah toko kecantikan mungkin tidak lagi menyediakan tester produk karena bisa meningkatkan risiko penularan. Kalaupun masih ada yang menyediakannya, tahanlah diri kamu untuk mencobanya, jika tidak ingin tertular virus Corona. Sebaiknya cek terlebih dahulu pilihan warna produk dari situs resmi atau lihat review di YouTube maupun Instagram sebelum membelinya di mal agar kamu sudah tahu gambaran warna saat akan membelinya.

7. Hindari Kerumunan

Jangan mendekat jika ada kerumunan di dalam atau luar mal. Meskipun mal mungkin sudah menjalani protokol agar orang-orang tidak berkumpul di satu tempat, namun jika tetap terjadi kerumunan, hindarilah dan cari area yang lebih sepi.



Simak Video "Daftar 80 Mal di Jakarta yang Mulai Buka Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)