Mal Ini Buka Saat Pandemi Corona, Tombol Lift Diganti Pakai Pedal Kaki

Hestianingsih - wolipop Jumat, 22 Mei 2020 15:17 WIB
Seacon Square Pedal kaki pengganti tombol lift di Seacon Square, Bangkok, Thailand. Foto: Instagram/@seaconsquare
Bangkok -

Pandemi virus Corona tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa COVID-19 tidak akan hilang dari muka bumi.

Manusia pun kini harus hidup berdampingan bersama virus Corona dan menjalani aktivitas keseharian dengan 'the new normal'. Sejumlah negara telah menerapkan 'normal yang baru' mulai dari menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat umum, membuat sekat transparan hingga memberlakukan aturan jaga jarak di restoran.

Salah satu mal di Thailand, membawa 'the new normal' ini ke level yang lebih tinggi. Mal Seacon Square di Bangkok memodifikasi tombol-tombol lift yang biasa dioperasikan dengan tangan menjadi pedal demi mencegah penularan virus Corona.

Seacon SquarePedal kaki pengganti tombol lift di Seacon Square, Bangkok, Thailand. Foto: Instagram/@seaconsquare


Pedal-pedal itu dipasang di bagian bawah dalam dan luar lift. Untuk mengoperasikannya, pengunjung harus menginjak nomor sesuai lantai yang akan mereka tuju.

Seperti diberitakan Channel News Asia, lift dengan pedal kaki tersebut mulai dipasang minggu ini. Awalnya pengunjung mal terkejutdan bingung dengan cara kerja lift berpedal. Tapi inovasi ini disambut baik karena mereka bisa meminimalisir paparan virus ke tangan.

"Kerja yang bagus dalam menyiapkan in semua. Saya merasa lebih aman karena kita menggunakan tangan untuk melakukan berbagai hal sepanjang waktu," kata salah satu pengunjung.

Seacon SquarePedal kaki pengganti tombol lift di Seacon Square, Bangkok, Thailand. Foto: Instagram/@seaconsquare


"Sekarang kita bisa menggunakan kaki untuk memencet lift, benar-benar bagus," komentar pengunjung lainnya.

Prote Sosothikul, salah satu petinggi Seacon Development, mengatakan pedal kaki yang dipasang di luar dan dalam lift akan membuat pengunjung merasa lebih aman. Sebab penularan virus Corona paling banyak lewat sentuhan tangan.

Seacon SquarePedal kaki pengganti tombol lift di Seacon Square, Bangkok, Thailand. Foto: Instagram/@seaconsquare


"Cara termudah untuk terinfeksi virus adalah ketika kamu menyentuh benda yang telah terkontaminasi. Lalu secara tak sadar menyentuh wajahmu dan virus akan masuk ke mulut, mata, atau apapun. Jadi kami memikirkan ide dengan lift bebas tangan yang dioperasikan dengan kaki," jelasnya.

Thailand telah membuka mal dan department store pada Minggu (17/5/2020), pertamakalinya sejak pembatasan sosial diberlakukan Maret 2020. Kini Thailand memasuki fase kedua pelonggaran aturan lockdown menyusul semakin menurunnya angka kasus baru penularan virus Corona.



Simak Video "Daftar 80 Mal di Jakarta yang Mulai Buka Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)