Habis Belanja ke Supermarket? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Corona Menyebar

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 24 Mar 2020 18:00 WIB
A young Muslim mother and daughter walk the produce aisles of the grocery store together shopping for groceries.  They are both dressed casually and the mother is wearing a Hijab.  The mother is reaching for products on the shelf while pushing a shopping cart with her daughter seated in it. Foto: iStock/Habis Belanja ke Supermarket? Lakukan 5 Hal Ini untuk Cegah Corona Menyebar
Jakarta -

Seperti Indonesia, korban akibat virus Corona juga berjatuhan di Malaysia. Total korban virus Corona di Malaysia kini mencapai 1.518 kasus. Malaysia memberlakukan lockdown selama dua minggu sejak 18-31 Maret 2020 terkait wabah virus corona atau COVID-19.

Virus corona yang begitu cepat menular bisa dicegah dengan sejumlah upaya. Selain social distancing, menjaga kebersihan pun wajib dilakukan. Oleh karena itulah pemerintah Malaysia melalui Kementerian Kesehatan mereka memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan warganya setelah belanja ke pasar atau supermarket. Tips berikut ini juga bisa diterapkan kamu orang Indonesia di mana virus corona juga menyebar dengan cepat.



Berikut adalah lima langkah yang harus kamu lakukan sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga setelah belanja ke supermarket atau pasar:

1. Lepaskan masker yang menempel pada wajah dan segera membuangnya ke tempat sampah.
2. Jangan berinteraksi dengan anggota keluarga. Apalagi menyentuh atau memeluk anak atau keluarga.
3. Segera mandi dan mengganti semua pakaian yang dikenakan. Rendam pakaian dalam air sabun sebelum mencuci agar kuman tidak menempel pada pakaian.
4. Pastikan wajah dan tangan kamu dicuci secara menyeluruh dengan menggunakan sabun anti bakteri saat mandi.
5. Setelah semua langkah ini selesai, kamu sudah bisa berinteraksi kembali dengan anggota keluarga.

Cara sederhana ini juga bisa kamu terapkan ketika terpaksa membeli kebutuhan pokok di luar rumah. Mencegah lebih baik daripada mengobati!



Simak Video "Tahu Nggak Sih? Ini Daya Tahan Virus Corona di Berbagai Benda"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)