Fakta Menarik Uniqlo x KAWS, Kolaborasi yang Selalu Ludes

Virgina Maulita Putri - wolipop Jumat, 30 Agu 2019 14:16 WIB
Fakta Menarik Uniqlo x KAWS, Kolaborasi yang Selalu Ludes Foto: Instagram @uniqloindonesia Fakta Menarik Uniqlo x KAWS, Kolaborasi yang Selalu Ludes Foto: Instagram @uniqloindonesia

Jakarta - Uniqlo kembali menghadirkan koleksi UT KAWS: SUMMER yang merupakan hasil kolaborasi dengan seniman asal Amerika Serikat, Brian Donnelly alias KAWS. Ketika pertama kali hadir di Indonesia pada 3 Juni lalu, koleksi ini langsung habis terjual dalam sehari.

Koleksi ini mulai dijual pada 30 Agustus 2019. Ada 8 graphic T-shirt untuk dewasa yang tersedia dengan pilihan warna hitam, putih, pink hingga biru. Tapi, untuk penjualan kali ini ada pembatasan pembelian.



Rupanya, ada fakta menarik dibalik kolaborasi Uniqlo dengan KAWS. Berikut fakta-faktanya yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber.

1. Sekilas Tentang KAWS

KAWS merupakan nama profesional dari seniman dan desainer asal AS, Brian Donnelly. Setelah menyelesaikan pendidikannya di School of Visual Arts di New York, ia memulai kariernya sebagai animator freelance.

Saat tinggal di New York, ia pun mulai subvertising atau "merusak" papan iklan dan halte bus dengan gambar karakter buatannya seperti The Companion, Bendy dan The Accomplice. Ia kemudian melebarkan sayapnya dengan mengusik papan iklan di Paris, London, Berlin dan Tokyo.

Visibilitas ini memberikannya kesempatan untuk merancang mainan kecil dengan perusahaan pakaian Jepang, Bounty Hunter. Setelah proyek ini, nama KAWS pun menjadi semakin populer, dan proyek buatannya menjadi semakin ambisius seperti ketika ia membuat patung 3 dimensi karakter The Companion setinggi lima meter.

Sejak tahun 2004, KAWS telah berkolaborasi dengan berbagai artis dan merk fashion, seperti Kanye West, Nike, Mark Jacobs, Comme Des Garcons, Vans, dan kini Uniqlo.

2. Kolaborasi Sejak 2016

Kolaborasi Uniqlo dengan KAWS telah dimulai sejak tahun 2016. Saat itu mereka meluncurkan koleksi T-shirt dan aksesoris berdasarkan karakter ciptaan KAWS yang ikonik.

Kolaborasi keduanya berlanjut di tahun 2017, dengan koleksi yang menampilkan karakter seperti Snoopy, Charlie Brown dan masih banyak lagi yang berasal dari komik strip Peanuts.

Pada November 2018, kolaborasi keduanya menampilkan T-shirt dan aksesoris terinspirasi dari program televisi anak-anak, Sesame Street. Pada Juni 2019, Uniqlo x KAWS meluncurkan koleksi UT KAWS: SUMMER.

3. Rilis Ulang di Berbagai Negara

Fenomena penjualan koleksi Uniqlo x KAWS yang selalu ludes di hari pertama tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga di beberapa negara lain. Untuk itu, rilis ulang koleksi UT KAWS: SUMMER juga dilakukan di kawasan lain seperti Eropa, Amerika Utara, Australia dan Asia.

4. Sudah Antre Sejak Pagi

Penggemar koleksi UT KAWS: SUMMER di Indonesia sepertinya tidak ingin kembali kehabisan koleksi terbatas ini. Dari pantauan media sosial, pelanggan di berbagai kota terlihat antre sejak pagi.

Pagi hari ini banyak orang sudah mulai mengantre bahkan sebelum toko Uniqlo dibuka. Pemandangan tersebut terlihat di berbagai pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia, seperti Grand Indonesia, Pondok Indah Mall, Senayan City, Supermal Karawaci, Hartono Mall, dan lain-lain.

5. Pembatasan Pembelian

Koleksi T-shirt UT KAWS: SUMMER kembali dijual di Indonesia dengan harga Rp 199.000. Tapi untuk penjualan kali ini Uniqlo menetapkan pembatasan pembelian.

"Pembelian terbatas untuk 1 item UT KAWS: SUMMER untuk setiap warna dan motif," tulis Uniqlo di situs resminya seperti dikutip Wolipop.

Pembatasan pembelian ini tidak hanya dilakukan di Indonesia, tapi juga di negara lain yang kembali menghadirkan koleksi Uniqlo x KAWS. Tidak diketahui alasannya apa, tapi sepertinya dilakukan untuk mencegah pembeli yang langsung memborong banyak untuk dijual kembali.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)