Ini Dampaknya Saat Kamu Belanja Sambil Main Handphone

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 09 Mei 2019 12:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Handphone sudah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sebagai asisten, ponsel pintar pun menjadi sarana untuk menghibur dan menemani dalam berbagai kesempatan, termasuk belanja. Tapi sebaiknya hindari membeli barang sambil memakai handphone jika tidak mau jadi boros.

Hal tersebut terungkap dalam penelitian terbaru mengenai kebiasaan belanja. Saat belanja, Anda pasti pernah lupa mengambil satu atau dua produk tapi malah mengambil beberapa barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Hal tersebut bisa semakin diperparah jika Anda belanja sambil main handphone.

Penelitian Fairfield University, Connecticut, AS membuktikan bahwa para pembelanja yang berkirim pesan, membaca email atau mendengarkan musik di handphone saat memilih barang bisa dengan mudah terdistraksi. Karena tangan sibuk dengan ponsel, pembelanja bisa lupa dengan barang yang seharusnya diambil. Hal ini dapat terjadi bahkan ketika Anda mengesampingkan handphone setelahnya.

Lebih dari 230 voluntir dalam riset ini diminta untuk melakukan simulasi tugas belanja. Mereka dibebaskan untuk memakai atau tidak memakai handphone. Para voluntir pun diberi daftar belanja untuk dilihat manakah yang bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Hasilnya pembelanja yang menggunakan handphone lebih mudah terganggu dan belanja banyak barang yang sebelumnya tak direncanakan.

"Ponsel secara cepat menjadi pengganggu utama untuk banyak konsumer, dengan 93% mengaku menggunakan ponsel ketika belanja. Hampir setengah penggunaan handphone di toko digunakan untuk hal-hal yang tidak terkait belanja dan ini diasosiasikan dengan pembelian hedonistik yang tidak terencana," kata Dr Michael Sciandra yang memimpin penelitian.

Meski begitu penggunaan handphone bisa bermanfaat ketika dipakai untuk meriset barang. Namun sebaiknya hal ini juga dilakukan sebelumnya agar waktu belanja tidak terbuang untuk browsing dan membuat sejumlah barang lain jadi terlupakan.

(ami/ami)