8 Trik Zara Menggoda Pelanggan Agar Beli Lebih Banyak Busana

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 29 Apr 2019 13:05 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Tak bisa melewatkan toko Zara tanpa membeli paling tidak satu barang? Mungkin Anda sudah terperangkap dengan berbagai trik retailer fashion asal Spanyol tersebut. Seperti kebanyakan toko lain, Zara punya cara untuk menarik pelanggan agar mampir ke dalam toko dan membeli busana. Tak hanya itu, brand yang dikenal menawarkan busana stylish dengan harga terjangkau ini menerapkan strategi agar pembelanja beli lebih banyak dengan cara yang tak disangka.

Baju Paling Mahal di Depan
Trik ini mungkin sudah Anda sadari. Kebanyakan toko termasuk Zara sering menaruh barang-barang paling bagus dan paling mahal di bagian depan. Dengan begitu, diharapkan para pelanggan jatuh cinta pada pandangan pertama dan membeli produk tersebut. Dilansir Brightside, busana yang lebih murah dan keluaran lama biasanya diletakkan di bagian belakang.

8 Trik Zara Menggoda Pelanggan Agar Beli Lebih Banyak BusanaFoto: Getty Images
Penataan yang Stylish
Jika Anda perhatikan terkadang Zara tidak menyediakan tempat khusus untuk suatu barang. Sering kali baju, sepatu, dan tas diletakkan di tempat yang sama. Ini dilakukan agar pelanggan bisa lebih nyaman dan menghemat waktu ketika ingin mencari pasangannya. Zara pun mencoba untuk memberi tahu Anda jika semuanya sudah disiapkan dan yang perlu dilakukan hanyalah membayar.

Tak Pasang Iklan
Kebanyakan brand memasang iklan atau sponsor agar produk-produknya lebih dikenal. Namun Zara jarang melakukannya. Ternyata hal tersebut adalah sebuah strategi. Merek itu dikatakan lebih berinvestasi pada katalog dan display di kaca. Taktiknya adalah agar ustomer merasa ada sesuatu yang eksklusif di dalam toko dan berpikir jika kualitas busana benar-bear baik. Hal ini juga dilakukan oleh brand-brand mahal, seperti Balenciaga dan Versace.

8 Trik Zara Menggoda Pelanggan Agar Beli Lebih Banyak BusanaFoto: Rahmi Anjani
Lokasi Toko
Zara pun punya beberapa trik untuk membangun imej. Salah satunya adalah penempatan toko. Dikatakan bawah toko Zara di seluruh dunia selalu berdampingan dengan brand-brand elit lainnya. Dengan begitu, pelanggan akan berpikir jika Zara adalah salah satu dari mereka. Artinya Zara memberi pelanggan kesempatan untuk merasa stylish jika mereka membeli barang mereka.

Koleksi Khusus
Salah satu cara terbaru Zara untuk menarik pelanggan adalah mengeluarkan koleksi pendek. Untuk memberi pengalaman baru dalam belanja, brand itu merilis koleksi baru beberapa kali dalam setahun. Karenanya, Zara bisa dengan cepat menghadirkan baju-baju yang sedang tren dalam toko mereka.

8 Trik Zara Menggoda Pelanggan Agar Beli Lebih Banyak BusanaFoto: Rahmi Anjani
Ilusi Harus Beli
Dikatakan jika Zara menciptakan sesuatu yang disebut efek 'langka'. Artinya brand itu ingin membuat pelanggan berpikir bahwa 'jika tidak dibeli sekarang, barang tersebut tak akan ada lagi'. Dengan begitu, pelanggan akan membawa pulang paling tidak satu barang ketika keluar dari toko.

Contoh Toko
Untuk menciptakan suasana nyaman dan pada akhirnya bisa membuat pelanggan belanja lebih banyak,Zara punya contoh toko tersembunyi. Toko tersebut tersedia di Spanyol yang gunanya untuk merancang bagaimana geraiZara di seluruh dunia bisa memberikan perasaan ingin beli. Dikatakan jika sebanyak 30 arsitek memikirkan setiap detail, mulai dari cahaya lampu, tekstur lantai, bentuk gantungan baju, tinggimanekin, lokasi kasir, dan lain-lain.

(ami/ami)