Pengalaman Belanja Buku di Big Bad Wolf 2019, Ini Panduan Lengkapnya

Eny Kartikawati - wolipop Minggu, 03 Mar 2019 09:50 WIB
Big Bad Wolf 2019 digelar di ICE, BSD, Tangerang. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop Big Bad Wolf 2019 digelar di ICE, BSD, Tangerang. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop

Jakarta - Pameran buku Big Bad Wolf 2019 tengah berlangsung di ICE (Indonesia Convention Exhibition), BSD City, Tangerang. Gelaran yang menghadirkan jutaan buku dengan harga diskon ini buka mulai 1 Maret - 11 Maret 2019.

Big Bad Wolf yang setiap tahun digelar sejak 2016 selalu ramai didatangi pengunjung pecinta buku, meskipun menurut survei perpustakan nasional pada 2017, rata-rata orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu. Lantas apa yang membuat pameran BBW begitu diminati? Jawabannya adalah diskon yang ditawarkan berkisar 60 - 80%.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri saat mendatangi Big Bad Wolf 2019, berikut hal-hal yang kamu perlu tahu sebelum datang ke pameran buku yang juga digelar di kota-kota besar lainnya di Indonesia itu:

Waktu Kedatangan

Koleksi buku di Big Bad Wolf 2019, ICE, BSD.Koleksi buku di Big Bad Wolf 2019, ICE, BSD. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop


Jam berapa sebaiknya datang ke BBW 2019? Pertanyaan itulah yang sering diajukan orang-orang yang ingin mengunjungi BBW 2019. Perlu diketahui BBW 2019 buka 24 jam. Jadi kamu bisa datang kapanpun yang kamu mau, termasuk saat dini hari. Namun jika kamu tidak mau datang di waktu dini hari, waktu ideal datang ke BBW 2019 saat weekend adalah di pagi hari.

Usahakan tiba di lokasi pameran BBW 2019, ICE, BSD, sebelum pukul 08.00 WIB. Hal itu untuk menghadiri kepadatan di dalam area pameran.

Pada waktu pagi, khusus bagi kamu yang mengincar buku anak-anak import, koleksinya masih lengkap. Buku-buku juga masih tertata rapi sehingga lebih mudah untuk mencari buku yang diinginkan.



Antre atau Tidak?

Area kasir atau pembayaran di BBW 2019.Area kasir atau pembayaran di BBW 2019. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop


Berdasarkan pengalaman saya, BBW 2019 kini tidak lagi membuat pengunjungnya antre berjam-jam baik untuk masuk maupun membayar. Area kasir tersedia cukup banyak dan pelayanannya pun cepat, terutama pada area pembayaran tunai. Antrean hanya terlihat pada booth salah satu bank yang menawarkan program cashback di BBW 2019.

Bawa Tas Belanja Sendiri

Big Bad Wolf 2019 digelar selama 24 jam dari 1 Maret - 11 Maret 2019 di ICE, BSD.Big Bad Wolf 2019 digelar selama 24 jam dari 1 Maret - 11 Maret 2019 di ICE, BSD. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop


Demi program cinta lingkungan dan pengurangan penggunaan tas plastik, tidak ada salahnya membawa tas belanja sendiri saat ke BBW 2019. Jika kamu berniat membeli buku dalam jumlah banyak, bawa saja tas koper ukuran sedang. Hal ini memudahkan kamu membawa buku-buku yang sudah dibayar ke area lobi atau parkir kendaraan kamu. Tentu akan lebih mudah dan enteng untuk menggeret koper beroda dibandingkan menenteng tas plastik berisi buku-buku.

Tapi kalau kamu tidak ada rencana 'borong' buku di BBW 2019, cukup bawa tote bag canvas berukuran sedang. Dan untuk kamu yang memang tidak membawa kantong belanja sendiri, BBW 2019 menyediakan tas plastik gratis untuk membawa buku-buku yang sudah dibeli.



Kategori Buku

Area buku anak-anak menjadi yang paling ramai di Big Bad Wolf (BBW) 2019.Area buku anak-anak menjadi yang paling ramai di Big Bad Wolf (BBW) 2019. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop


Big Bad Wolf 2019 yang digelar di ICE, BSD City, membagi area pameran sesuai kategori buku. Ada empat area utama yang bisa dilihat dari warna bendera di BBW 2019. Untuk warna bendera merah merupakan area terbesar yaitu buku anak-anak. Bendera biru untuk buku non fiksi. Bendera hijau untuk buku berbahasa Indonesia. Dan bendera kuning untuk buku fiksi.

Salah satu buku yang paling menarik perhatian pada area fiksi adalah buku Harry Potter and the Cursed Child. Buku yang diangkat dari pentas teater berjudul sama ini dijual seharga Rp 165 ribu di BBW 2019.

Area buku fiksi di Big Bad Wolf 2019.Area buku fiksi di Big Bad Wolf 2019. Foto: Eny Kartikawati/Wolipop


Area buku anak-anak selalu menjadi yang teramai. Dan pada area buku anak-anak ini, yang paling banyak diserbu adalah area buku bersuara atau berbunyi. Pada saat saya datang ke meja area tersebut, buku yang bisa mengeluarkan bunyi ini hanya tinggal tersedia lima buah saja, dan itupun kondisinya sudah tidak sempurna.

Menurut salah satu petugas BBW 2019, area ini memang selalu ramai. "Setiap buku baru dikeluarkan langsung habis," ujarnya. Oleh karena itulah sangat disarankan untuk datang pagi hari jika kamu memang mengincar jenis buku anak yang bisa mengeluarkan bunyi ini karena belum banyak pengunjung yang hadir sehingga kesempatan mendapatkan buku lebih besar.

Playground untuk Anak



Bagi kamu yang datang ke BBW 2019 bersama anak-anak balita, belanja bisa lebih mudah karena kini tersedia playground. Jadi sementara para ibu mencari buku, si kecil bisa bermain bersama pendampingnya di area playground yang bersebelahan dengan booth makanan. Area playground ini tidak gratis. Tiketnya tergantung lamanya waktu bermain. Untuk 30 menit: Rp 30 ribu, 60 menit: Rp 60 ribu, 120 menit: Rp 100 ribu dan 4 jam: Rp 150 ribu. Sedangkan tiket untuk pendamping, 50% dari harga tiket anak sesuai waktu bermainnya.

[Gambas:Instagram]



Selain kids corner atau area playground, anak-anak juga bisa mendapatkan hiburan dari para pendongeng di BBW 2019. Sesi dongeng di BBW 2019 dihadirkan pada jam-jam tertentu. Biasanya pihak panitia akan memberikan pengumuman melalui pengeras suara ketika sesi dongeng tiba.

Agar Tidak Kalap

Keramaian di Big Bad Wolf 2019.Keramaian di Big Bad Wolf 2019. Foto: Dyo/ detikHOT


BBW 2019 bagi beberapa orang selalu membuat kalap, apalagi untuk orangtua yang membeli buku untuk anak-anak mereka. Di sinilah pentingnya perencanaan sebelum ke BBW 2019.

Pahami dulu kebutuhan buku yang kamu cari. Misalnya, apakah mencari buku aktivitas, buku cerita, buku ilmu pengetahuan atau buku pelajaran. Beli lah buku sesuai kebutuhan dan usia anak dan carilah yang memiliki harga terbaik.

Memang akan sangat sulit untuk tidak tergoda mengambil berbagai buku yang ada di BBW 2019. Namun kamu tetap harus pintar memilah-milah mana buku yang benar-benar akan dibaca oleh kamu sendiri atau anak.

Pada beberapa kategori buku misalnya buku mengenai pengenalan angka, harga dan jenis yang tersedia bervariasi. Ada yang harganya di atas ratusan ribu, ada juga yang berkisar antara Rp 30 ribu sampai Rp 80 ribu. Buku yang berharga ratusan ribu ini biasanya lebih tebal. Namun kamu pun bisa mendapatkan buku berkualitas serupa dari yang harganya puluhan ribu. Pintar-pintarlah mencari buku sesuai kategorinya.




(eny/eny)