Laporan dari Beijing

Kulkas Pintar hingga Kursi Pijat Makin Diminati di China

Hestianingsih - wolipop Rabu, 14 Nov 2018 14:33 WIB
Kulkas pintar. Foto: Internet Kulkas pintar. Foto: Internet

Beijing - Gadget dan perlengkapan rumah menjadi 'primadona' di pesta diskon 11.11 atau Singles' Day yang digelar pada 11 November 2018 kemarin. Setidaknya itu yang tercatat dalam data penjualan JD.Com, salah satu perusahaan e-commerce raksasa China.

Dimulai pada 1-11 November 2018, sebanyak 400 juta produk terjual dengan angka transaksi mencapai 159,8 miliar Yuan atau sekitar Rp 341 triliun. Dalam periode tersebut, penjualan perlengkapan rumah high-end meningkat hingga empat kali lipat dibandingkan hari-hari biasa.

Kulkas pintar dengan layar LED, penyedot debu berteknologi robot dan kursi pijat termasuk dalam produk yang paling banyak diminati. Begitu pun mesin pembuat kopi otomatis yang penjualannya naik dua kali lipat.

Sementara itu perabotan rumah seperti kulkas dan mesin cuci, mencatatkan nilai transaksi 300 juta Yuan atau sekitar Rp 636,6 miliar hanya dalam 3 menit pembukaan Singles' Day pada 11 November 2018. Adapun smartphone juga masih mendominasi penjualan di penyelenggaraan Singles' Day dengan Apple, Huawei dan Xiaomi menjadi tiga brand ponsel pintar paling populer.

Data penjualan JD.Com di Singles' Day atau Hari Jomblo juga memperlihatkan adanya tren konsumen lebih memilih barang branded dan impor. Selama periode 1-11 November kemarin, merek-merek global premium seperti Apple, Dell, Dyson dan SK-II mencatatkan penjualan yang cukup tinggi.

Sebut saja TOPLIFE, platform belanja khusus barang-barang mewah dan brand high-end milik JD.Com, mengalami kenaikan penjualan hingga 14 kali lipat dalam 2 jam pertama Singles' Day. Sebagian besar brand yang cukup populer berasal dari Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Belanda dan Korea Selatan.

"Ada pergeseran (perilaku pembeli) di China yang cukup signifikan bahwa kualitas lebih penting dari harga, dilihat dari semakin banyaknya konsumen yang bersedia membayar lebih mahal untuk barang-barang branded dan impor," kata CMO JD.Com dan CEO JD Mall Lei Xu, saat konferensi pers Singles' Day Shopping Festival di Beijing, China, Minggu (11/11/2018).



(hst/eny)