4 dari 5 Wanita Khawatir Punya Anak Bisa Merusak Karir

- wolipop Selasa, 03 Des 2013 07:28 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Memiliki karir cemerlang tentunya menjadi dambaan banyak orang, termasuk para wanita. Bagi kaum hawa, kecemerlangan karir ini bisa terhambat ketika mereka memiliki anak, begitulah hasil survei terbaru terhadap 10 ribu wanita di Inggris dan Irlandia.

Seperti dikutip Mail Online, survei di atas dilakukan Opportunity Now, sebuah kampanye untuk mendukung kesuksesan wanita di tempat kerja. Survei melibatkan wanita berusia 28-40 dan dilakukan pada Oktober lalu.

Dari survei tersebut terungkap empat dari lima wanita takut kehadiran anak akan mengganggu prospek karir mereka. Dan 2/3 wanita beranggapan mereka harus memprioritaskan pekerjaan lebih dari apapun, termasuk anak ataupun keluarga, jika ingin terjadi peningkatan dalam karir.

Hanya satu dari tiga wanita yang percaya bahwa memiliki anak atau tidak, tak mempengaruhi kesempatan mereka memiliki karir lebih baik. Para wanita ini yakin mereka memiliki kesempatan yang sama baiknya untuk naik jabatan, meskipun punya anak.

Survei juga mengungkapkan wanita semakin merasa tertekan untuk memprioritaskan pekerjaannya ketika mereka sudah berada di posisi senior. 91% responden mengatakan ketika jabatan semakin tinggi, tekanan dan jam kerjanya pun semakin panjang.

Pimpinan penelitian ini, Helena Morrissey, mengatakan, wanita bekerja yang memiliki anak mengalami dilema besar setiap harinya. Di satu sisi wanita merasa harus mengurus anak, tapi ketika karir sudah meningkat, tekanan dan jam kerja jadi lebih lama.

"Kita seharusnya mendefinisikan lagi arti sukses di tempat kerja. Seharusnya sukses itu dilihat dari output, bukan jam kerja. Menurutku wanita memiliki persepsi bahwa untuk menjadi sukses mereka harus selalu ada 24/7, dan itu sebenarnya salah," kata Helena.


(eny/fer)