Kerja Lembur Bisa Ganggu Kejiwaan

- wolipop Jumat, 24 Sep 2010 18:00 WIB
Jakarta - Apakah Anda termasuk orang yang gila kerja? Atau bobot pekerjaan membuat Anda harus bekerja hingga larut? Tahukah Anda, waktu kerja yang panjang bisa mengganggu kejiwaan.

Sebuah penelitian dilakukan di New York dengan mensurvei 2.200 pekerja pria dan wanita. Mereka diteliti mengenai pekerjaan dan efeknya terhadap kestabilan kejiwaan.

Rata-rata jam kerja dalam seminggu adalah 40 jam. Penelitian tersebut membuktikan, para pekerja yang memiliki jam kerja lebih lama dari standar biasanya mengalami masalah dalam kejiwaannya.

Tak hanya berpengaruh pada menurunnya kinerja, mental para pekerja pun bisa menjadi taruhannya. Seperti yang dikutip dari reuters, Dr. Marianna Virtanen, sang peneliti, mengungkap bahwa waktu kerja yang panjang berpengaruh pada fungsi kognitif seseorang.

Saat hal itu berlangsung lama, maka akan berpengaruh pada kesehatan jiwa para pekerja tersebut. Para pekerja yang memiliki jam kerja 55 jam mengalami penurunan kestabilan yang parah dalam lima tahun.

Untuk itu disarankan kepada para pekerja untuk mengatur pola hidup agar seimbang. Mengejar karir memang sah-sah saja, namun kesehatan dan kebahagiaan juga tak boleh luput dari perhatian.

(eya/eya)