ADVERTISEMENT

Cuci Muka Air Dingin atau Hangat, Mana yang Lebih Baik? Ini Kata Pakar

Tim Beautynesia - wolipop Senin, 23 Jan 2023 21:00 WIB
Cuci Muka Air Dingin atau Hangat Cuci Muka Air Dingin atau Hangat. Foto: Getty Images/iStockphoto/SunnyVMD
Jakarta -

Membersihkan wajah merupakan rutinitas wajib setelah seharian berkegiatan. Dalam membersihkan wajah, mana lebih baik, cuci muka dengan air dingin atau hangat?

Mencuci wajah adalah langkah paling dasar dan penting dari rutinitas apa pun, kata dokter kulit New York City Dr. Carlos Charles seperti dikutip dari NY Times. Cuci dua kali sehari, pagi dan malam, untuk menghindari pori-pori tersumbat, kusam dan jerawat.

"Kulit kita bersentuhan dengan polutan lingkungan, kotoran, dan faktor lain setiap hari yang harus dihilangkan dengan lembut," ujarnya.

Saat mencuci wajah, sebaiknya memakai air dingin atau hangat? Dikutip dari Healthline, mencuci wajah menggunakan air dingin punya banyak manfaat. Salah satunya mencegah muncul jerawat.

Selain itu juga bagus buat kulit dengan kondisi rosacea. Sementara jika menggunakan air panas, justru bikin kulit dengan rosacea tambah meradang hingga kemerahan, juga menimbulkan jerawat.

Air dingin bisa memberi keuntungan buat pemilik kulit kering dan acne-prone skin, menurut Sophia Knapp, cosmetologist berlisensi.

"Bila kamu punya kulit kering yang kronis, air panas bisa menghilangkan kadar sebum (minyak) dan memperparah masalah, jadi air dingin adalah alternatif yang baik," katanya.

Meski begitu bukan berarti nggak ada sisi negatifnya. "Air dingin akan mengencangkan pori-pori, sehingga bakteri dan kotoran dapat terperangkap dan nggak bisa keluar, semudah menggunakan air hangat," katanya.

Cuci muka air dingin atau hangat, sekarang kamu sudah mengetahui pilihan yang tepat. Berapa kali sebaiknya mencuci muka dalam sehari? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Keren! Aksi Robot Animatronik Yayoi Kusama Lagi Melukis"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)