5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kecantikan Kulit

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 29 Agu 2020 21:30 WIB
es batu Ilustrasi mandi air dingin. Foto: iStock
Jakarta -

Mandi air dingin punya banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya meningkatkan energi, memberi efek segar dan membantu lebih bersemangat di pagi hari.

Ternyata khasiat mandi air dingin tak sampai di situ. Kebiasaan mengguyur tubuh dengan air dingin juga bermanfaat untuk kecantikan. Hanya saja sebaiknya tidak dilakukan terlalu lama karena justru bisa menyebabkan pilek hingga masuk angin.

Apa saja manfaat mandi air dingin untuk kecantikan?

1. Mandi Air Dingin Bikin Kulit Lebih Bercahaya

vis: Berenang di Air EsBerenang di Air Es. Foto: (CNN Travel)

Mandi air dingin membantu meningkatkan peredaran darah yang khasiatnya bisa terlihat pada kulit. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat wajah terlihat lebih segar dan bercahaya.

Kamu tidak perlu mandi air dingin terlalu lama untuk mendapatkan manfaatnya. Cukup mandi seperti biasa dengan membasahi tubuh, menggosok dengan sabun lalu membilasnya. Bisa juga menggunakan air dingin untuk cuci muka.

2. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Ilustrasi mandiIlustrasi mandi air dingin. Foto: iStock

Penuaan memang tidak bisa dihindari tapi prosesnya bisa diperlambat. Air dingin pun bisa membantu kulit agar awet muda lebih lama.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Institute for Health and Behaviour dan University of Luxembourg, mandi air dingin bisa mengaktifkan sistem syaraf pusat, dan memicu tubuh untuk melepaskan hormon dan senyawa kimia yang bertugas melawan stres. Seperti diketahui, stres merupakan salah satu pemicu penuaan dini pada kulit dan menimbulkan dampak negatif terhadap tubuh secara keseluruhan.

3. Mencegah Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

Ilustrasi mandiIlustrasi mandi air dingin. Foto: Thinkstock

Mandi air dingin memicu pelepasan endorfin yang dikenal sebagai hormon bahagia. Ketika hormon ini diproduksi tubuh, tingkat stres akan menurun dan masalah kulit yang disebabkannya juga bisa teratasi.

Masalah kulit akibat stres biasanya ditandai dengan timbulnya jerawat, gatal-gatal serta ruam pada wajah. Mandi air dingin bisa membantu meredakannya.

4. Mengencangkan Pori-pori

ilustrasi perawatan wajah, ilustrasi kecantikanIlustrasi perawatan wajah. Foto: iStock

Air dingin bisa mengencangkan pori-pori sehingga tampak mengecil. Mengompres wajah atau mandi dengan air dingin sebelum makeup bisa membantu membuat riasan terlihat lebih halus.

Mandi air dingin juga membantu mencerahkan kulit dan membuatnya terlihat lebih segar. Sebab air dingin bisa mengecilkan pembuluh darah sehingga mengurangi bengkak pada kantong mata atau kemerahan di kulit.

5. Menyamankan Kulit

Ilustrasi Perawatan KulitIlustrasi Perawatan Kulit. Foto: shutterstock

Jika kamu sering mengalami gatal-gatal atau kemerahan, mandi air dingin mungkin bisa membantu membuat kulit lebih nyaman. Mendinginkan kulit juga berkhasiat mengurangi gatal-gatal atau peradangan akibat psoriasis.



Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)