ADVERTISEMENT

6 Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dalam 3 Minggu

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 15 Des 2022 14:30 WIB
Cara memerahkan bibir secara alami Foto: Getty Images/iStockphoto/GMint

Jakarta -

Kurang percaya diri dengan warna bibir yang gelap atau kusam? Ikuti cara memerahkan bibir secara alami yang mudah kamu lakukan di rumah.

Bibir lembut dan berwarna merah muda alami merupakan salah satu hal yang selalu didambakan wanita. Tidak hanya mempercantik penampilan tapi juga tanda bahwa bibirmu sehat.

Bibir pecah-pecah dengan warna yang gelap akan menjadi perhatian banyak orang. Penyebab utama bibir gelap bisa karena paparan sinar matahari secara langsung, penggunaan kosmetik berkualitas rendah, asupan kafein tinggi, hingga ketidakseimbangan hormon.

Jika kamu tak percaya diri dengan hal tersebut maka bisa mencoba mencari cara memerahkan bibir secara alami dengan metode rumahan. Berikut deretan cara memerahkan bibir secara alami.

1. Gula dan Madu

Kamu bisa menggunakan scrub gula dan madu sebagai salah satu cara memerahkan bibir secara alami. Kedua bahan ini akan membantu bibirmu lebih lembut.

Gula terkenal karena efisiensinya dalam pengelupasan kulit. Scrub dengan kedua bahan tersebut bisa membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut.

Kamu dianjurkan menggunakan gula merah yang jauh lebih lembut di kulit walaupun tetap bisa memakai gula putih. Ini juga kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet (UV) akibat paparan sinar matahari.

Madu termasuk humektan alami yang artinya menarik kelembapan. Madu membantu menjaga bibir terkelupas terhidrasi dan sehat. Enzim yang ada dalam madu juga membantu mencerahkan warna kulit bibirmu.

Cara membuatnya:

1 sendok makan gula merah
1 sendok makan madu

Campur kedua bahan tersebut. Oleskan ke seluruh bibir secara menyeluruh. Pijat ringan di bibir selama 1 menit.

Pijatan tidak hanya membantu pengelupasan kulit tapi juga meningkatkan sirkulasi darah di bibir. Ulangi 2 atau 3 kali seminggu.

2. Delima dan susu

Delima bekerja sangat baik untuk memerahkan bibir secara alami. Ini mengandung senyawa yang disebut punicalagin yang mencegah produksi melanin dan juga mencegah bibir menjadi lebih gelap saat terkena sinar matahari.

Cara membuatnya:

Ambil segenggam biji delima dan haluskan. Campur biji delima halus dengan sedikit krim susu.

Oleskan campuran ini ke bibirmu. Biarkan mengering selama sekitar 15 menit. Cuci bersih dengan air dingin. Ulangi setiap hari selama sekitar 3 minggu.

3. Raspberry, Lidah Buaya, dan Madu Organik

Buah berry mengandung mineral dan vitamin penting untuk menjaga bibirmu tetap sehat dan cerah. Raspberry dan strawbery juga bisa mengubah bibir gelap menjadi merah muda kemerahan.

Bahan madu yang digunakan dalam cara memerahkan bibir secara alami ini adalah zat pelembap natural yang dapat melembutkan bibir dan membantu mengembalikan warna merah muda alaminya.

Sementara lidah buaya merupakan bahan yang menenangkan, membantu mengatasi bibir pecah-pecah dan iritasi.

Cara membuatnya:

Ambil proporsi yang sama dari beberapa raspberry, gel lidah buaya, dan madu organik dalam mangkuk. Haluskan dengan baik untuk membuat pasta.

Oleskan pasta ini ke bibirmu dengan pijatan lembut. Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum mencucinya. Cuci dengan air dingin dan keringkan.

(eny/eny)