ADVERTISEMENT

5 Risiko Memakai Tisu Basah untuk Membersihkan Wajah

Tim Beautynesia - wolipop Senin, 05 Des 2022 14:00 WIB
Membersihkan wajah memakai tisu basah Foto: Getty Images/iStockphoto/VladimirFLoyd
Jakarta -

Demi alasan kepraktisan, tidak jarang wanita memakai tisu basah untuk membersihkan wajah. Sayangnya penggunaan tisu basah ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada wajah. Berikut risiko memakai tisu basah untuk membersihkan wajah.

Jika memang bukan keadaan darurat, sebaiknya hindari menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah. Kecuali kamu menggunakan tisu basah khusus untuk membersihkan makeup atau cleansing wipes.

Apapun pilihannya, membersihkan wajah penting dilakukan setiap hari karena kotoran yang menempel jika tidak segera disingkirkan dapat menyebabkan masalah pada kulit. Kotoran dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat menimbulkan jerawat dan komedo.

Berikut selengkapnya risiko memakai tisu basah untuk membersihkan wajah:

Membersihkan wajah memakai tisu basahMembersihkan wajah memakai tisu basah Foto: Getty Images/iStockphoto/VladimirFLoyd

1. Dapat Menimbulkan Jerawat

Salah satu tujuan membersihkan wajah ialah agar dapat terbebas dari berbagai masalah kulit yang dapat terjadi seperti jerawat. Tetapi jika kamu membersihkan wajah dengan menggunakan tisu basah, bukan membuat kulit terbebas dari jerawat melainkan dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat pada wajahmu.

Hal ini dikarenakan tisu basah tidak dapat membersihkan kotoran dengan sempurna, justru malah menyebabkan wajah menjadi lengket. Wajah yang tidak bersih merupakan tempat kuman berkembang biak, salah satunya tempat bakteri penyebab jerawat.

2. Dapat Merusak Skin Barrier

Sudah bukan rahasia umum bila tisu basah mengandung pengawet hingga pewangi buatan di dalamnya. Kandungan tersebut dapat berisi bahan kimia keras yang dapat mengganggu pH skin barrier apabila langsung diaplikasikan ke kulit wajah. Tentunya bahan tersebut sangat tidak disarankan bagi kulit wajah terutama bagi pemilik kulit wajah sensitif.

3. Kulit Menjadi Kering

Selain pengawet dan pewangi buatan, hampir semua tisu basah mengandung alkohol. Alkohol merupakan salah satu bahan yang perlu dihindari bagi kulit wajah.

Bahan tersebut dapat membuat wajah menjadi lebih kering dan kasar. Karena itu, kamu tidak disarankan untuk menggunakan tisu basah ketika membersihkan wajahmu.

Apalagi bahaya membersihkan wajah memakai tisu basah? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca.



Simak Video "Miss Universe Internasional Beri Lisensi ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)
Adu Perspektif
×
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali
Janji Politik Lama, Bersemi Kembali Selengkapnya