Hapus Makeup Pakai Tisu Basah, Apa Bisa Benar-benar Bersih?

Rista Adityaputry - wolipop Selasa, 01 Agu 2017 18:17 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tidak sedikit wanita yang mengandalkan cleansing wipes/tisu basah atau micellatr water untuk membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas. Dua produk pembersih tersebut cukup praktis digunakan karena tidak perlu dibilas.

Namun apakah tisu basah atau micellar water yang dituangkan ke kapas benar-benar ampuh membersihkan wajah hingga seseorang tidak perlu cuci muka dengan air setelahnya? Rachel Nazarian, M.D. dari Schweiger Dermatology Group mengatakan hal sebaliknya.

"Ini hanya masalah ingatan kalau cleansing wipes menggantikan kapas dan pembersih yang sering digunakan. Ini bukan pengganti untuk mencuci wajahmu dan kulit wajahmu perlu dibilas setelahnya," ungkap Rachel seperti dikutip dari Marie Claire.
Hapus Makeup Pakai Tisu Basah, Apa Bisa Benar-benar Bersih?Micellar water. Foto: Thinkstock

Renee Rouleau, seorang ahli kecantikan, bahkan menganggap bahwa produk praktis tersebut sebenarnya malah membuat wajah lebih kotor meskipun wajah terlihat bersih secara sekilas.

"Tisu basah tidak membersihkan wajah dengan efektif. Sebagai gantinya, mereka malah mengotori wajah dengan kotoran, bakteri, minyak, dan makeup di wajah. Itu seperti membersihkan wajah dengan cleanser tapi tidak membilasnya atau menunda bilasan dalam perawatanmu. Produk pembersih memang diciptakan untuk memecah kotoran dalam pori-porimu tapi tindakan membilas yang sebenarnya paling membersihkan," kata Renee kepada Refinery29.

Meskipun terlihat bersih pada awalnya, tisu basah maupun micellar water tetap meninggalkan residu yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Terlebih lagi jika Anda menggunakan produk yang memiliki bahan sejenis alkohol (SD alcohol 40 dan denatured alcohol) atau pengawet tertentu. Bahan seperti alkohol dibutuhkan agar produk menguap lebih cepat dan bisa membuat kulit dehidrasi, sedangkan pengawet menjaga produk untuk tetap segar dan belum tentu aman jika dibiarkan mengendap lama di kulit.

"Anggaplah tisu basah sebagai salah satu langkah dalam rutinitas perawatanmu. Lalu, biasakan diri mencuci wajah. Lakukan sebelum kamu langsung tidur atau bahkan setelah makan malam. Lebih awal lebih baik," saran ahli kecantikan lainnya, Kerry Benjamin.

Tisu basah atau micellar water sebaiknya tidak diandalkan sebagai satu-satunya pembersih wajah jika Anda berada di rumah. Tapi apabila Anda sedang berada dalam perjalanan dan sulit atau terlalu repot membersihkan wajah dengan air, tisu basah bisa menjadi pilihan yang tepat karena lebih praktis. (hst/hst)