ADVERTISEMENT

10 Penyebab Rambut Rontok Parah, Kenali Agar Tak Semakin Tipis

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 31 Mei 2022 14:15 WIB
Ilustrasi wanita rambut rontok setelah melahirkan Penyebab rambut rontok parah. Foto: Getty Images/iStockphoto/yamasan

Jakarta -

Rambutmu rontok parah sehingga merasa semakin tipis? Yuk cari tahu penyebab rambut rontok parah agar bisa mengatasinya dan membuatmu lebih percaya diri.

Mungkin selama ini kamu hanya menebak-nebak apa penyebab rambut rontok parah? Sudah mengganti sampo tapi tetap rontok parah. Lalu apa ya penyebab rambut rontok parah?

Cara terbaik mencari penyebab rambut rontok parah yang tepat dengan memperhatikan siklus normal rambut. Wendy Roberts, MD, seorang dokter kulit di Rancho Mirage, California, mengatakan bahwa memperhatikan hal-hal yang kamu lakukan setiap hari dengan siklus pertumbuhan rambut untuk mencari penyebab rambut rontok parah.

"Siklus pertumbuhan penting karena ketika ada yang salah, itulah mungkin menjadi penyebab Anda mengalami kerontokan rambut," papar Wendy seperti dilansir dari WebMD.

Tidak hanya fokus pada produk seperti mengganti sampo tapi ada beberapa hal yang bisa mengganggu siklus pertumbuh rambut. Wendy mengatakan, obat-obatan, penyakit, infeksi, atau bahan kimia, berpotensi menjadi penyebab rambut rontok parah.

Untuk itu, yuk ketahui apa saja faktor penyebab rambut rontok parah agar kamu bisa segera mengatasinya.

Cara Memastikan Rambut Mengalami Kerontokan

Ketika kamu melihat rambut rontok lalu langsung berpikir sedang mengalami kerontokan parah. Padahal setiap orang kehilangan 50 sampai 100 helai rambut setiap hari menurut American Academy of Dermatology.

Saat keramas atau mencuci rambut bahkan kamu bisa kehilangan 250 helai rambut. Jika kamu tidak bisa menghitung rambut setiap hari maka bisa mengetahui kapan rambut menipis dari melihat perbedaan pada rutinitas yang dilakukan.

Wendy memintamu melihat, apakah ada banyak rambut rontok di bantal pada pagi hari? Atau mungkin saat menyisirnya terlihat rambut lebih rontok dari biasanya.

Di samping itu, kamu bisa melihat apakah garis rambut pada atas kepala terlihat semakin lebar? Ini bisa menjadi tanda kamu mengalami kerontokan. Jika jawabannya memang mengalami kerontokan maka baru mencari penyebab rambut rontok parah.

Penyebab Rambut Rontok Parah

1. Genetik

Salah satu penyebab rambut rontok parah bisa karena faktor genetik. Wendy bertanya, apakah bibi, ibu, atau nenek juga mengalami kerontokan rambut? Jika iya maka ini bisa menjadi penyebab rambut rontok parah.

Menurut American Academy of Dermatology, ini merupakan kondisi turun-temurun yang mempengaruhi sekitar 30 juta wanita Amerika. Meskipun sebagian besar terjadi pada wanita akhir 50-an atau 60-an, penyebab rambut rontok parah karena genetik bisa terjadi kapan saja bahkan selama masa remaja.

2. Penyakit autoimun

Kemudian penyebab rambut rontok parah lainnya bisa karena penyakit autoimun. Penyakit tersebut menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut dan menghasilkan kebotakan mulai dari kecil hingga besar.

Dalam beberapa kasus bahkan jika penyebab rambut rontok parah karena penyakit autoimun bisa rontok total. Selain menjadi penyebab rambut rontok parah, orang yang terkena autoimun juga bisa kehilangan alis, bulu mata, atau rambut pada bagian tubuh lainnya.

3. Perawatan medis

Apakah kamu belakangan sedang menjalani perawatan medis? Mungkin ini merupakan penyebab rambut rontok parah. Biasanya penyebab rambut rontok parah karena perawatan medis saat kamu menjalani radiasi atau kemoterapi.

Jangan khawatir, penyebab rambut rontok parah yang satu ini mudah diatasi. Rambut akan tumbuh kembali setelah perawatan medis selesai.

4. Kejutan emosional atau fisik

Ada pula penyebab rambut rontok parah karena kejutan emosional atau fisik sehingga menyebabkan rambut menipis. Peristiwa yang membuat traumatis, stres ekstrem, hingga memiliki penyakit serius bisa menjadi penyebab rambut rontok parah.

5. Kehamilan dan persalinan

Satu lagi penyebab rambut rontok parah adalah kehamilan dan persalinan. Selama masa hamil dan melahirkan mungkin menjadi penyebab rambut rontok parah. Ini tentu karena pengaruh hormon yang akan kembali stabil beberapa waktu setelah melahirkan.

(eny/eny)