8 Cara Agar Rambut Cepat Panjang, Bilas Pakai Air Dingin

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 05 Apr 2022 10:40 WIB
Cara agar rambut cepat panjang. Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia Cara agar rambut cepat panjang. Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia
Jakarta -

Mencari cara agar rambut cepat panjang? Banyak trik instan yang bisa dilakukan namun kalau menginginkan cara agar rambut cepat panjang alami butuh perawatan rutin.

Kamu bisa mulai dengan mengubah kebiasaan dalam merawat rambut untuk mendapatkan cara agar rambut cepat panjang terbaik. Salah satu cara agar rambut cepat panjang alami dengan melakukan perawatan yang rutin.

Perhatikan juga produk rambut yang digunakan karena mempengaruhi rambut cepat panjang. Bagi kamu yang sedang cara agar rambut cepat panjang, coba ikuti beberapa tips di bawah ini.

Berikut cara agar rambut cepat panjang secara alami:

1. Perhatikan Kandungan Sampomu

Rahasia untuk memaksimalkan cara agar rambut cepat panjang dengan memperhatikan rambut setiap saat, termasuk setelah mandi ketika dalam kondisi basah dan rentan. Coba perhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam botolmu. Salah satu cara agar rambut cepat panjang dengan memilih sampo berbahan alami yang sehat.

"Gunakan sampo yang sangat lembut dan berbahan dasar alami. Hindari hal-hal seperti SLS dan SLES, paraben, dan silikon, pada label. Bahan-bahan keras ini dapat menumpuk di kulit kepala Anda, menyumbat folikel rambut, dan menyabotase rencana pertumbuhan rambut," jelas Dr. Dominic Burg, seorang ahli trikologi dan kepala ilmuwan di Evolis Professional, seperti dilansir dari The Cut.

2. Jangan Keramas Tiap Hari

Jika menginginkan cara agar rambut cepat panjang disarankan, jangan keramas setiap hari. Hal ini bisa menghilangkan minyak alami kulit kepala dan rambut.

Ketika minyak alami kulit kepala hilang maka bisa menyebabkan rambut rapuh dan patah. Kalau rambut rusak maka bisa membuatmu frustrasi karena rambut memiliki pertumbuhan yang lambat.

3. Tidak Mengeringkan Rambut dengan Lilitan Handuk

Salah satu cara agar rambut cepat panjang juga tidak sering mengeringkan rambut dengan melilitkannya menggunakan handuk. Hal ini bisa membuat rambut mudah rapuh dan tidak bagus buat pertumbuhannya.

Coba ganti handuk biasa dengan jenis microfiber yang lebih lembut dalam mengeringkan rambut. Namun tidak dengan cara dililitkan tapi bisa mengeringkannya secara lembut.

4. Pijat Kulit Kepala

Cara agar rambut cepat panjang lainnya dengan memijat kulit kepala. Hal ini bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut karena kulit kepala yang rileks.

"Pijat kulit kepala dapat meningkatkan mood dan menghilangkan stres yang berdampak negatif pada siklus pertumbuhan rambut," saran Anabel Kingsley selaku trikologis di Philip Kingsley.

Dua metode yang paling umum untuk memijat kulit kepala sebagai salah satu cara agar rambut cepat panjang adalah effleurage (gerakan membelai dan melingkar) serta petrissage (menguleni dan mengangkat kulit kepala dengan lembut). Jika tak bisa sendiri, coba rutin ke salon.

5. Lakukan Perawatan Rambut

Rutin lakukan perawatan rambut tentu menjadi cara agar rambut cepat panjang yang efektif. Sebagai permulaan, rawat rambut dengan masker dan serum. Saat merawat kulit kepala maka akan membantu meminimalkan kerontokan serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

"Dua lapisan kulit terpenting dalam kaitannya dengan kulit kepala adalah dermis dan epidermis. Dermis berisi folikel rambut, kelenjar, saraf, pembuluh darah, kolagen, serta sel lemak. Perawatan kulit kepala yang tepat akan mempengaruhi laju pertumbuhan dan kesehatan rambut. Saya lebih suka masker berbahan minyak atau krim dibanding exfoliant yang berbutir kasar. Bahan kasar di scrub kulit kepala sebenarnya bisa membuat kulit kepala lecet," papar Bridgette Hill selaku trikologis dan colorist di Paul Labrecque Salon and Skincare Spa.

Kafein juga bisa jadi cara agar rambut cepat panjang. Seperti apa? KLIK HALAMAN SELANJUTNYA.

Selanjutnya
Halaman
1 2