8 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Hary Lukita Wardani - wolipop Minggu, 12 Jul 2020 15:04 WIB
Happy woman sitting at beauty salon, making beautiful evening hairstyle with curls, copy space Ilustrasi cara memanjangkan rambut. Foto: iStock
Jakarta -

Sebagian wanita ingin memanjangkan rambut dengan cepat karena alasan penampilan. Tapi bisakah rambut tumbuh lebih cepat dari biasanya?

Secara ilmiah, rambut tumbuh antara 0,3 hingga 0,5 mm per hari. Itu Artinya dalam sebulan kamu bisa memanjangkan rambut 1,5 cm dan setahun 15 cm.

Jika ingin punya rambut panjang tanpa harus menunggu lama, kamu perlu menyimak delapan cara memanjangkan rambut berikut ini, seperti dikutip dari Brightside.

1. Berteman dengan Gunting Rambut

Mungkin sebagian orang berpikir memotong rambut menghambat kamu mempunyai rambut panjang. Ternyata disarankan untuk memotong rambut secara teratur karena akan lebih cepat panjang. Memotong di sini bukan memangkas hingga pendek rambut kamu, tetapi hanya menghilangkan rambut yang bercabang di ujungnya demi menjaga kesehatan rambut agar tidak rusak.

ilustrasi potong rambutIlustrasi cara memanjangkan rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto/nicoletaionescu

2. Gunakan Kondisioner

Kondisioner memiliki efek menguntungkan yang cepat pada rambut kamu. Selain itu juga menyelamatkan rambut dari kerusakan. Cara memanjangkan rambut yang bisa kamu coba adalah rutin menggunakan kondisioner setelah keramas agar rambut mendapatkan nutrisi untuk mendorong pertumbuhannya.

3. Memakai Masker Rambut Setiap Minggu

Gunakan masker rambut setiap minggu secara teratur untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini juga membantu rambut mempertahankan lemak esensial yang membuatnya lebih sehat. Lakukan masker rambut saat keadaan lembap, beberapa saat setelah keramas. Kamu bisa gunakan yang mengandung bahan madu, lemon, alpukat atau minyak zaitun.

Young girl sleeping in bedIlustrasi cara memanjangkan rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto/Deklofenak

4. Tukar Sarung Bantal Bahan Katun dengan Sutera

Cara memanjangkan rambut yang satu ini terbilang unik, yakni tidur dengan sarung bantal sutera. Bahan licin seperti sutera atau satin diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kelembutan kain tersebut lebih baik untuk rambut kamu karena tidak menyebabkan gesekan yang membuat rambut kusut. Sehingga dengan bahan sutera dapat meminimalisasi kerusakan rambut kamu.

5. Keringkan Rambut Dengan Cara yang Benar

Hindari mengeringkan rambut dengan cara membungkusnya pakai handuk. Selain itu hindari alat pemanas seperti pengering rambut, catokan dan pengeriting. Kalau memang terpaksa harus dikeringkan gunakan setidaknya saat 60 persen rambut kamu sudah mulai kering sebelum memakai pengering rambut.

6. Biarkan Rambut 'Bernapas'

Jika jadwal sehari-hari kamu sibuk di luar rumah biarkan sejenak rambut kamu untuk bernapas. Misalnya seperti hindari mengikat rambut terlalu lama karena bisa menyebabkan kerusakan. Rambut juga cenderung terkena infeksi mikroba yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi buruk, sehingga penting untuk melakukan perawatan antimikroba.

ilustrasi dietIlustrasi cara memanjangkan rambut. Foto: iStock

7. Mengatur Pola Makan

Para ilmuwan menyatakan bahwa makanan yang mengandung biotin dan Vitamin H dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta baik untuk tubuh. Kandungan tersebut membantu metabolisme lemak, karbohidrat dan asam amino juga meningkatkan kadar protein dalam tubuh sehingga membantu rambut panjang lebih cepat. Makanan yang kaya akan biotin adalah susu, keju, telur, semua jenis kacang, hati, sarden, salmon, kembang kol dan alpukat.

8. Jangan Terlalu Sering Keramas

Tidak baik mencuci rambut terlalu sering karena akan membuat kering dan membantu menghilangkan minyak esensial alami yang bagus untuk rambut. Akibatnya rambut jadi lebih lama panjang. Disarankan juga untuk memijat rambut dengan lembut saat mencuci dan menyisir.

Demikian beberapa cara memanjangkan rambut dengan cepat, selamat mencoba!



Simak Video "Masya Allah, Salon Ini Tawarkan Cukur Gratis bagi Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)