CEO MS Glow Bantah Kabar Ilegal: Pabrik MS Glow Tidak Bodong

Gresnia Arela Febriani - wolipop Rabu, 16 Mar 2022 18:00 WIB
Foto gaya hijab Shandy. Foto Shandy Purnamasari, CEO MS Glow Beauty. Foto: Dok. Instagram @shandypurnamasari.
Jakarta -

CEO MS Glow Beauty, Shandy Purnamasari kembali menanggapi soal kabar pabrik MS Glow telah melakukan pelanggaran izin bangunan. Kabar tersebut berawal dari akun Twitter @xixdgmbkxix.

Dalam unggahan yang viral itu disebutkan pabrik kosmetik MS Glow yang berada di Pasuruan, Jawa Timur ilegal. "Pabrik Ilegal. Dudududu," tulis akun Twitter @xixdgmbkxix.

Dikutip melalui situs resmi Kosme.co, PT Kosmetika Global Indonesia yang didirikan Shandy Purnamasari dan Gilang Widya Pramana. Perusahaan manufacture tersebut berdiri sejak tahun 2018.

PT Kosmetika Global Indonesia dikatakan bergerak di bidang kosmetik, skin care dan body care. Kosme diklaim telah memenuhi syarat-syarat standar produksi dan melalui uji layak produksi dari BPOM serta memiliki Standart Operasional Prosedure setara internasional dalam proses produksi, kemas sampai dengan penyimpanan hasil produksi.

Namun dalam kabar yang viral, bangunan pabrik PT Kosmetika Global Printing and Packaging (Kosmepack) yang berdiri di Sukorejo, Pasuruan, dikatakan dibangun tanpa persetujuan bangunan gedung (PBG). Kasus ini ditemukan Satpol PP Kabupaten Pasuruan dan saat ini ditangani Polres Pasuruan.

Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan Bakti Jati Permana mengatakan kasus ini bermula dari inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan dewan beserta Satpol PP Agustus tahun lalu. Hasil sidak ditemukan ada ketidaksesuaian tata ruang dan bangunan gedung yang belum memiliki PBG.

"Itu ada masalah ketidaksesuaian tata ruang. (Terkait hal itu) yang bersangkutan diminta untuk mengusulkan perubahan ke pemerintah daerah. Lokasi bangunan itu masih RTRW bukan RDTR, masih umum, jadi masih bisa diusulkan perubahan. Perubahan tata ruang merupakan syarat penerbitan PBG," kata Bakti kepada detikJatim, Jumat (11/3/2022).

Menurut Bakti, sesuai Perda Kabupaten Pasuruan, pelanggaran izin bangunan gedung dikategorikan pidana biasa. Sehingga pihaknya melimpahkan ke Sat Reskrim Polres Pasuruan untuk dilakukan pemberkasan.

Shandy Purnamasari bersama tim PT Kosme.Shandy Purnamasari bersama tim PT Kosme. Foto: Dok. Instagram @ptkosme.

CEO MS Glow Bantah Pabrik Ilegal

Shandy memberikan klarifikasi terkait heboh kabar soal kabar pabrik MS Glow yang tidak mendapatkan izin. Alumnus Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga itu dengan tegas mengatakan berita heboh tersebut adalah fitnah.

"Pabrik MS Glow gak bodong ya!! Headline berita suka bikin fitnah. Jadi, pabrik kita yang @kosmepack pernah bermasalah karena berdiri di lahan hijau (padahal waktu kita beli sudah ada bangunannya)," kata Shandy di Instagram Story.

Wanita kelahiran 10 Oktober 1991 itu menjelaskan pabrik Kosme sudah pindah ke Surabaya, Jawa Timur. "Lalu kita tutup pabriknya dan sudah pindah pabrik @kosmepack ke Surabaya SIER. Jadi itu bukan pabrik MS Glow tapi pabrik kemasan Kosme Pack," tegasnya.

"Pabrik MS Glow bodong dari mana. Bisnis itulah bisnis jahat banget," tambah Shandy.

Shandy merupakan pendiri MS Glow Beauty, MS Glow Aesthetic Clinic, dan PT Kosmetika Global Indonesia yang beroperasi di Jakarta, Surabaya, Malang, Bandung, Bintaro, Bekasi, dan Bali sejak tahun 2018. Bisnis kecantikan yang digeluti oleh Shandy awalnya dijalankan secara daring dengan menjual produk paket wajah saja.

Ia merasa geram terkait pemberitaan tentang pabrik MS Glow yang dituduh ilegal. "Headline oh headline apa hubungannya pabrik kemasan sama kualitas produk? Yang bermasalah juga bukan kemasan MS Glow, bukan juga pabrik pengisian formula MS Glow. Apa hubungannya sama MS Glow woi. Jatuhin MS Glow dengan cara culas, main kasar," kata Shandy.

Kemudian ibu dua orang anak ini mengungkapkan cerita inspiratif dari beberapa distributor dan penjual MS Glow yang sukses. "Aku share positif vibes ya! Kisah sukses seller@msglowbeauty ni simak guys," ucapnya geregetan.

Shandy memperlihatkan seorang ibu rumah tangga menjadi salah satu distributor dari MS Glow. Ibu tersebut kini penghasilannya miliaran rupiah. Ada juga perjuangan penjual MS Glow sejak tahun 2017 dan kini bisa membeli rumah mewah dua lantai dan satu mobil berkat usahanya.

Istri Gilang Widya Pramana itu membagikan kisah sukses distributor dan penjual MS Glow lainnya yang sukses karena ketekunannya. Salah satu distributor malah merasa bersyukur karena MS Glow viral di media sosial.

"Hallo mba Shandy, seneng banget di saat berita-berita miring berseliweran di media sosial malah sekarang banyak yang penasaran dengan MS Glow. Orderan semakin banyak dan ada juga yang join member baru," ucap Mba Sayu, salah satu distributor MS Glow.

(gaf/eny)