11 Cara Hilangkan Jerawat Batu dengan Alami dan Mudah

Virgina Maulita Putri - wolipop Senin, 08 Jul 2019 14:39 WIB
11 Cara Hilangkan Jerawat Batu dengan Alami dan Mudah Foto: ilustrasi/thinkstock 11 Cara Hilangkan Jerawat Batu dengan Alami dan Mudah Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Jerawat merupakan masalah umum yang biasa dialami setiap orang. Tapi ada satu bentuk jerawat yang sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri yaitu jerawat batu.

Jerawat batu atau yang memiliki nama lain cystic acne adalah jerawat yang terjadi karena oleh penyumbatan sel kulit mati, atau bisa juga karena terperangkapnya bakteri di dalam pori-pori. Selain itu ada beberapa penyebab lain seperti ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan, diet, stress atau obat-obatan tertentu.



Ukuran jerawat ini terlihat lebih besar dibanding jerawat biasa karena terjadi peradangan di sekitar jerawat. Jerawat batu biasanya ditemukan di wajah, punggung, lengan atas, bahu dan dada.

Jika sudah terkena jerawat batu, kalian harus lebih berhati-hati dalam merawatnya untuk mencegah perkembangan dan peradangan lebih lanjut. Tapi tidak perlu khawatir, berikut adalah 11 cara untuk menghilangkan jerawat batu secara alami dan tradisional seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rajin Mencuci Muka

Rajin mencuci muka setiap hari merupakan cara untuk mengeluarkan jerawat batu kecil maupun besar secara alami yang mudah dilakukan. Caranya gunakan sabun pencuci muka yang lembut dan usap wajah secara perlahan, kemudian bilas dengan air. Keringkan wajah dengan handuk dan jangan lupa gunakan pelembab setelahnya.

2. Lidah Buaya

Cara mengempeskan jerawat batu dengan lidah buaya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya langsung ke jerawat. Jika rajin mengoleskannya setiap hari, jerawat akan mengering dan mengempes dalam waktu tiga hari.

3. Putih Telur

Untuk mengeluarkan jerawat batu dengan putih telur caranya dengan menyiapkan sebutir telur dan ambil bagian putihnya saja. Kocok putih telur hingga mengembang lalu oleskan di area yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Cuka Apel

Sebelum menggunakan cuka apel untuk mengeluarkan jerawat batu adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu. Kemudian siapkan dua sendok makan cuka apel dan oleskan di bagian yang berjerawat. Diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air bersih.

5. Kentang

Kentang mengandung alkali yang mampu menyingkirkan minyak yang menyumbat pori-pori. Caranya dengan mengiris kentang mentah secara tipis, lalu tempelkan di bagian wajah yang terkena jerawat batu. Diamkan selama 10 menit lalu cuci muka dengan air dingin.



6. Bawang Putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Caranya dengan menumbuk halus bawang putih yang telah dikupas dan oleskan tumbukan tersebut di bagian yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit kemudian cuci dengan air bersih.

7. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C yang bisa membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Caranya dengan menjemur kulit jeruk hingga benar-benar kering kemudian tumbuk kulit jeruk hingga halus.

Tambahkan air secukupnya hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu oleskan pasta tersebut di area yang berjerawat dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Setelahnya cuci muka kalian dengan air hangat.

8. Kunyit

Campuran kunyit dan minyak wijen bisa digunakan untuk mengecilkan jerawat batu dengan alami. Caranya campurkan bubuk kunyit dengan satu atau dua sendok makan minyak wijen. Setelah itu oleskan ke bagian yang berjerawat dan diamkan. Kemudian bilas dengan air bersih.

9. Baking Soda

Baking soda dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat batu. Caranya dengan melarutkan setengah sendok teh baking soda dalam air hingga kental. Kemudian oleskan campuran ini ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

10. Lemon

Campuran air perasan lemon dan air mawar disarankan digunakan untuk mencerahkan noda bekas jerawat, bukan untuk mengecilkan jerawat besar. Caranya dengan peras lemon dan tambahkan air mawar secukupnya. Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskannya dan diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

11. Madu

Madu bisa digunakan untuk mengempeskan jerawat batu dengan efektif karena bisa mengurangi peradangan dan bisa menenangkan kulit. Caranya dengan membuat campuran madu, kunyit dan air jeruk nipis dan gunakan campuran ini sebagai masker. Diamkan selama 10 menit dan cuci muka kalian dengan air bersih.

Simak Video "Unjuk Gigi Desainer Lokal di Banyuwangi Fashion Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)