ADVERTISEMENT

Waspada Mencukur Ketiak Bikin Kulit Menghitam, Ini Cara Perawatan yang Tepat

Kiki Oktaviani - wolipop Sabtu, 22 Jan 2022 17:30 WIB
Beautiful young woman putting on stick deodorant and smiling. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Mencukur bulu ketiak menjadi bagian dari perawatan diri. Tidak hanya karena faktor estetika fisik, namun mencukur bulu ketiak juga dapat meminimalisir aroma yang tidak sedap. Sayangnya, setelah rutin mencukur ketiak kerap kali timbul masalah lain.

Dijelaskan oleh dokter spesialis kulit Nessya Dwi Setyorini, mencukur ketiak dengan cara yang tidak tepat bisa menyebabkan kulit menjadi hitam. Hal tersebut karena saat proses pencukuran tak jarang kulit ikut terkikis, Proses tersebut yang membuat kulit bisa menggelap. Dalam acara virtual Dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV memberikan saran cara perawatan ketiak agar tidak menghitam.

"Gunakan pisau cukur yang tajam agar tidak menekan kulit," ungak Dr. Nessya, dalam acara peluncuran produk deodoran Nivea Brightening Range 8 Superfood.

Sebagai alternatif, Dr. Nessya menyarankan untuk menggunakan alat cukur elektrik. Pastikan juga sebelum mencukur gunakan foam agar pisau cukur dapat meluncur dengan mudah tanpa mengikis permukaan kulit.

"Kulit ketiak juga perlu menggunakan pelembab untuk memperkuat barrier kulit untuk mencegah iritasi," ucap Dr. Nessya.

Perawatan kulit ketiak seperti menggunakan produk perawatan ketiak yang mengandung gliserin, asam linoleat, dan niacinamide juga dapat menutrisi area tersebut. Untuk mencerahkan area kulit ketiak bisa dengan rutin melakukan eksfoliasi kulit dua atau tiga kali dalam seminggu, dan bahan-bahan pencerah seperti vitamin C dan AHA/BHA.

Yang tidak kalah penting adalah cari deodoran yang tidak mengiritasi kulit (biasanya yang mengandung alkohol). Carilah deodoran yang dilengkapi dengan bahan pelembab untuk menutrisi sekaligus dapat mencerahkan kulit ketiak.

(kik/kik)