Begini Cara Bersihkan Wajah yang Benar agar Kulit Makin Glowing

Erika Dyah - wolipop Kamis, 16 Sep 2021 11:05 WIB
Bersihkan wajah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Membersihkan wajah mungkin sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Akan tetapi, tahukah kamu cara membersihkan wajah yang benar agar kotoran dapat benar-benar terangkat dan kulit bersih serta glowing?

Melansir self.com, saat kulit wajah tidak dibersihkan dengan baik maka kotoran, sel kulit mati, sisa riasan dan hal lainnya bisa jadi menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit kusam. Selain itu, pembersihan wajah yang tepat disebut dapat mencegah timbulnya jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit.

Oleh karena itu, cara membersihkan wajah yang benar sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat kamu praktikan untuk membersihkan wajah dengan benar biar kulit terasa segar dan glowing.

1. Bersihkan Wajah pada Pagi dan Malam Hari

Untuk memastikan kulit sehat dan glowing, kamu perlu rutin membersihkan wajah di pagi dan malam hari. Pada siang hari, minyak alami dan keringat menumpuk di kulit sehingga kamu perlu membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur. Terlebih, jika kamu bepergian atau menggunakan riasan. Kotoran, polusi, dan sisa make up harus dibersihkan agar tidak menyebabkan iritasi juga jerawat dengan cara Double Cleansing.

Di pagi hari, kamu juga disarankan untuk membersihkan wajah. Sebab, meski dalam keadaan tidur sekalipun wajahmu bisa saja terpapar kotoran dari air liur atau minyak dari rambutmu. Selain mengangkat kotoran dan membuat wajah lebih segar, membersihkan wajah di pagi hari juga bantu mempersiapkan kulit wajahmu sebelum menggunakan daily skincare atau make up routine-mu.

2. Pilih Pembersih Wajah yang Tepat untuk Kulit

Saat memilih pembersih wajah, kamu harus memastikan produk tersebut cocok dengan jenis kulitmu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui lebih dulu jenis kulitmu apakah berminyak, kering, normal, atau kombinasi. Terlebih jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Pembersih wajah yang lembut dan creamy umumnya cocok untuk kulit kering dan sensitif. Sementara pembersih dengan tekstur gel dan foamy umumnya digunakan untuk kulit berminyak dan bagi kamu yang memiliki kulit normal, water-based cleanser bisa jadi pilihan.

3. Bersihkan Kulit dengan Lembut & Perlahan

Membersihkan wajah dengan benar bukan berarti menggosok kulit dengan ekstra atau membiarkan wajah disabuni lebih lama. Justru, mencuci wajah terlalu lama atau agresif malah akan membuat kulit rawan terkelupas.

Untuk membersihkan wajah dengan benar, kamu disarankan membaca aturan pakai dari produk yang kamu gunakan. Basuh wajah dengan air hangat, oleskan pembersih wajah dengan gerakan melingkar, jangan lupa untuk basuh T-zone dan U-zone (sekitar garis rahang). Setelah pembersih wajah berbusa, bilas dan keringkan wajah dengan handuk bersih yang lembut.

4. Eksfoliasi Kulit

Selain membersihkan wajah dengan produk pembersih, kamu juga perlu membiasakan diri mengeksfoliasi kulit untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Beberapa produk pembersih wajah telah disertai dengan kemampuan ekstra untuk bantu mengeksfoliasi dan menghilangkan sel kulit mati. Kendati demikian, kamu perlu perhatikan cara dan aturan pemakaian dari produk eksfoliasi agar kulitmu tidak terkelupas apalagi mengalami iritasi.

5. Bersihkan Wajah Sebelum Pakai Masker

Penggunaan masker wajah biasanya menjadi salah satu bagian dari skincare routine-mu. Agar penggunaan maskermu lebih sempurna, kamu perlu membersihkan wajah dengan benar. Sebab, kulit butuh benar-benar bersih agar produk masker bisa meresap ke dalam kulit dan memberikan efek yang diinginkan.

Jika kamu menggunakan sheet mask, kamu tak perlu lagi membilasnya. Cukup tepuk-tepuk sisa cairan agar meresap ke wajah dan kemudian gunakan rangkaian Skin Care harianmu. Sementara untuk penggunaan clay mask atau masker jenis lainnya, kamu perlu menyeka/mengelapnya dengan menggunakan air hangat agar kotoran dari masker tidak bersisa sebelum lanjut ke tahap Skin Care.

Itu tadi 5 cara yang bisa kamu praktikkan untuk membersihkan wajah dengan benar. Agar kulitmu semakin bersih dan glowing, kamu juga bisa gunakan produk pembersih wajah dari The Face Shop dalam rangkaian Jeju Volcanic Lava Cleansing Series.

The Face Shop Foto: Dok. The Face Shop

Produk ini terdiri dari Jeju Volcanic Lava Anti-Dust Pore Cleansing Foam, facial foam yang efektif membersihkan minyak dan kotoran dengan abu vulkanik dari Jeju. Ada juga Jeju Volcanic Lava Deep Pore-Cleansing Foam Scrub sebagai deep cleansing untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan mencegah terbentuknya komedo.

Rangkaian produk ini juga memiliki varian masker dalam Jeju Volcanic Lava Fresh Clay Stick Mask. Clay mask berbentuk stik ini sangat praktis digunakan untuk membersihkan kulit lebih tuntas dari minyak dan kotoran.

Untuk mengangkat Komedo membandel pada wajah, ada juga Jeju Volcanic Lava Gel Scrub yang mengangkat komedo dengan cara peeling yang simple dan nyaman dikulit, dan juga Jeju Volcanic Lava Calming Nose Strips dan Jeju Volcanic Lava Fresh Nose Strips, yang bisa angkat komedo serta melembapkan hidung Anda melalui varian nose strip.

Rangkaian produk Jeju Volcanic Lava Cleansing dari The Face Shop ini juga dibanderol dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp69.000 untuk Jeju Volcanic Lava Calming Nose Strips atau Jeju Volcanic Lava Fresh Nose Strips, Rp 210.000 untuk Jeju Volcanic Lava Anti-Dust Pore Cleansing Foam dan Rp 290.000 untuk Jeju Volcanic Lava Fresh Clay Stick Mask. Tunggu apa lagi? Gunakan rangkaian produk Jeju Volcanic Lava Cleansing untuk bersihkan kulit dengan benar dan dapatkan kulit wajah yang bersih, glowing dan sehat.

(akn/ega)