Berapa Kali Sehari Pakai Sunscreen dan Wajib Reapply? Ini Kata Pakar

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 04 Sep 2021 12:00 WIB
Young woman applying sunscreen on her face in snowy mountains in winter, in Sierra Nevada, Granada, Spain. Female wearing winter clothes. Ilustrasi penggunaan sunscreen. Foto: iStock
Jakarta -

Memakai sunscreen adalah tahapan penting untuk memulai hari. Sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ sangat disarankan guna mencegah penuaan dini, sunburn, dan kanker kulit. Lantas, sunscreen dipakai berapa kali sehari?

SPF pada sunscreen menandakan proteksi terhadap sinar UVB, sedangkan PA merupakan proteksi terhadap sinar UVA. Sehingga penting untuk memilih sunscreen dengan proteksi UVA dan UVB dan nilai SPF yang tinggi.

Hal tersebut disampaikan dr. Farrah Erman dalam webinar yang diadakan Regenesis Open Education (ROE). UVA dapat menyebabkan photoaging dan risiko kanker kulit. Sementara UVB dapat menyebabkan kulit terbakar dan gelap.

"UVA sendiri paparannya mendominasi sinar matahari yang masuk ke permukaan bumi, sekitar 95%. Dan ini mampu menembus awan, lapisan ozon, dan jendela," jelas dr. Farrah Erman pada Jumat (3/9/2021).

"UVB yaitu sisanya, 5% persen dari paparan sinar matahari bisa masuk ke permukaan bumi tapi tidak menembus awan dan ozon. Tapi, ini dapat menyebabkan sunburn (kulit terbakar)," sambungnya.

Intensitas Penggunaan Sunscreen dalam Sehari

Dalam kesempatan tersebut, dr. Farrah Erman menjawab sunscreen dipakai beberapa kali sehari. Ia mengungkap pentingnya reapply sunscreen atau penggunaan ulang sunscreen setelah pemakaian pertama setiap hari.

Reapply sunscreen perlu dilakukan, terutama setelah berenang, berkeringat, atau menggosok area wajah dan tubuh. Waktu terbaik untuk reapply sunscreen adalah 8 jam setelah pemakaian pertama.

"Re-apply merupakan suatu keharusan. Untuk re-apply sekitar 8 jam (setelah penggunaan). Namun, misalnya kurang dari 8 jam melakukan kegiatan, ada baiknya re-apply sebelum 8 jam," tutur dr. Farrah Erman.

Prof. Cita R.S Prokoeswa, MD, Ph.D menambahkan, saat berenang disarankan menggunakan sunscreen water-resistant alias tahan air. Reapply sunscreen pun harus lebih sering dilakukan saat berkeringat dan berenang.

"Apabila berkeringat, nyemplung air, dan seterusnya, kita harus menggunakan sunscreen yang water resistance dan re-apply lebih sering," jelas Prof. Cita.

Takaran Penggunaan Sunscreen yang Tepat

Intensitas penggunaan sunscreen perlu diperhatikan dengan melakukan reapply. Namun, sunscreen harus digunakan dalam jumlah yang cukup dalam setiap pemakaian.

Pengunaan sunscreen yang tepat adalah sebanyak 1-2 sdt pada area wajah dan leher, dan 2-3 sdt pada area tubuh. Mengoleskan sunscreen pada dua ruas jari dapat menjadi solusi untuk memperkirakan takaran sunscreen pada area wajah dan leher.

"Kita bisa mengoleskan (sunscreen) pada kedua jari. Itu adalah jumlah kira-kira 1-2 sdt yang bisa kita pakai untuk area wajah dan leher," ungkap dr. Farrah Erman, setelah menjawab sunscreen dipakai beberapa kali sehari.



Simak Video "Deretan Kontroversi yang Iringi Kesuksesan Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]
(rcp/rcp)