Apa Perbedaan Serum Vs. Ampoule? Ini Cara dan Urutan Penggunaannya

Tim Beautynesia - wolipop Kamis, 08 Jul 2021 18:30 WIB
Woman with elegant makeup applying serum treatment. Space for copy. Perbedaan serum dan ampoule. Foto: iStock
Jakarta -

Bagi kamu pemula skincare, bisa jadi bingung dengan dua jenis produk ini yaitu serum dan ampoule. Apa perbedaan serum dan ampoule.

Ampoule adalah produk pada skincare yang digunakan untuk permasalahan kulit tertentu. Meski secara kasat mata ampoule memiliki bentuk yang sama dengan serum, namun faktanya ampoule yang merupakan tren kecantikan dari Korea ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan serum.

Berikut perbedaan serum dengan ampoule:

Kandungan Bahan Aktif Serum Vs. Ampoule

Serum merupakan cairan dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih pekat dibanding toner dan essence. Kandungan bahan aktif dalam serum juga lebih bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda-beda. Pun ada banyak bahan aktif yang digunakan dalam serum seperti zat antipenuaan, zat antioksidan, hyaluronic acid sebagai pelembap, dan berbagai vitamin.

Kamu biasanya akan menjumpai serum dengan campuran bahan aktif dengan persentase yang berbeda dan bertingkat. Misalnya kandungan niacinamide dalam serum, bisa kamu jumpai dalam persentase 5% atau 10%.

Sedangkan kandungan bahan aktif dalam ampoule mirip dengan serum, namun dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Biasanya ampoule mengandung bahan aktif yang lebih spesifik seperti Retinol, Ceramide, Peptide, Vitamin C, ekstrak tumbuhan seperti Centella Asiatica, Asam Hialuronat, dan Asam Esensial.

Kadar bahan aktif yang lebih tinggi tersebut dianggap efektif digunakan untuk mengatasi masalah kulit tertentu dan jenis kulit tertentu, jadi kamu memang perlu cermat dalam menggunakan ampoule.

Tekstur Serum Vs. Ampoule

Serum biasanya dikemas dalam botol kaca yang berisi cairan dengan tekstur yang ringan, meski beberapa brand juga memiliki produk serum dengan tekstur yang kental.

Walaupun kandungan bahan aktif dalam ampoule lebih pekat, nyatanya tekstur ampoule hampir sama dengan serum pada umumnya. Beberapa brand ada yang mengeluarkan produk ampoule dengan tekstur yang kental, ada juga yang mengeluarkan produk ampoule dengan tekstur yang lebih cair.

Cara menggunakan serum dan ampoule, keduanya sama-sama diaplikasikan memakai pipet. Ampoule dan serum juga sama-sama mudah menyerap ke dalam kulit.

Kapan waktu penggunaan ampoule dan serum? Bagaimana urutan penggunaannya? KLIK DI SINI untuk meneruskan membaca urutan penggunaan ampoule dan serum.



Simak Video "Yang Harus Diperhatikan dari Beauty Hacks pada Wajah"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)