6 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Mudah

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 04 Jul 2021 20:00 WIB
The anti aging cream is using to reducing, masking or preventing signs of skin aging. Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso
Jakarta -

Kita pasti pernah mengalami wajah tampak begitu berminyak. Kalau sudah begitu, rasanya kepercayaan diri langsung menurun. Wajah yang tampak mengkilap sepanjang hari semakin sering dirasakan bagi pemilik kulit berminyak.

Apakah permasalahan tersebut bisa diatasi? Pasti banyak yang berharap, setidaknya tampilan kulit bisa terlihat sedikit matte tanpa harus benar-benar menghilangkan minyak yang ada. Minyak tetap dibutuhkan kulit untuk memberikan kolagen pada kulit yang mencegah kulit dari penuaan dini. Untuk membuat kulit tampak segar dan mencegah kilap pada wajah, inilah enam cara mengatasi wajah berminyak dengan mudah.

1. Membersihkan Wajah


Rutin mencuci wajah sebanyak dua atau tiga kali sehari sangat penting. Selain untuk menghilangkan kotoran, mencuci wajah dapat menyingkirkan minyak berlebih di kulit. Gunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid. Kandungan tersebut cocok untuk kulit berminyak, tanpa membuat wajah menjadi kering.

2. Gunakan Primer Sebelum Make-up


Sebelum memulai rutinitas merias wajah, pastikan tekstur wajah matte agar make-up tidak mudah luntur. Untuk mengatasi wajah berminyak dengan mudah adalah dengan menggunakan primer untuk memberikan hasil matte pada wajah. Cara kerja primer adalah dengan menyerap minyak sehingga mencegah wajah berminyak.

3. Perhatikan Makanan


Makanan pedas dan alkohol ternyata berpengaruh pada kulit menjadi berminyak. Makanan tersebut memperbesar pembuluh darah yang menyebabkan keringat dan minyak. Begitu juga dengan makan goreng-gorengan yang sebaiknya dihindari karena bisa membuat kulit semakin berminyak. Disarankan makan wortel dan bayam lebih banyak. Kandungan vitamin A pada jenis sayuran tersebut akan memperlambat produksi minyak.

4. Memilih Foundation


Foundation yang salah akan menyebabkan kulit makin terlihat mengkilap. Riasan wajah pun tampak belepotan karena foundation bercampur dengan minyak wajah. Pilihlah foundation dengan formula bebas minyak (oil-free) atau mineral foundation yang dapat menyerap air seperti spons.

5. Perawatan Wajah


Untuk perawatan wajah sebaiknya pilih skin care bertekstur lotion dibanding krim. Lotion lebih ringan dibanding krim dan butiran formulanya pun lebih kecil sehingga mudah menyerap pada kulit tidak meninggalkan minyak yang banyak di atas permukaan kulit. Perawatan dalam bentuk lotion biasanya adalah serum. Bisa juga memilih produk perawatan berbahan dasar air yang tetap melembapkan kulit tapi sama sekali tidak berminyak.

6. Kertas Minyak


Kertas minyak sangat berguna bagi pemilik kulit berminyak. Dalam hitungan detik, kertas minyak dapat mengatasi wajah berminyak karena bisa langsung menyerap pada kertas minyak saat ditempelkan ke wajah. Jadi, jangan lupa selalu sediakan kertas minyak dalam tas Anda.



Simak Video "Meghan Markle Bakal Gelar Pesta Ultah ke-40 di California"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)