5 Manfaat Sunscreen yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Mencegah Kanker

Anggi Mayasari - wolipop Selasa, 22 Jun 2021 11:10 WIB
ilustrasi tabir surya Manfaat sunscreen. Foto: iStock
Jakarta -

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu perawatan wajah yang penting. Banyak manfaat sunscreen untuk wajah. Apa saja manfaat sunscreen?

Kamu para wanita bisa jadi sudah sering mendengar betapa pentingnya sunscreen untuk kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan. Mengenakan sunscreen setiap hari adalah bagian penting dari rutinitas perawatan kulit.

Tanpa sunscreen, kulit wajah bisa jadi lebih sensitif dan mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari. Oleh karena itu penggunaan sunscreen setiap hariwajib kamu lakukan.

Berikut 5 manfaat sunscreen yang perlu diketahui:

1. Menjaga Warna Kulit Tetap Merata

Manfaat sunscreen untuk pemakaian di wajah membantu menjaga warna kulit tetap rata. Menurut Michelle Freese, ahli kecantikan di Melrose Place Clinic mengungkapkan bahwa kerusakan akibat sinar matahari adalah salah satu dari banyak penyebab warna kulit tidak merata dan krim tabir surya harian membantu mencegah efek tersebut.

2. Perlindungan Matahari

Salah satu manfaat sunscreen yang paling jelas dan menonjol adalah melindungi kulit dari spektrum luas sinar UV yang berbahaya. Sunscreen sebenarnya meminimalkan penetrasi sinar UV ke dalam kulit dan memicu berbagai gangguan kulit. Bahkan sengatan matahari yang paling ringan sekalipun dapat memiliki efek merusak sehingga penting untuk melindungi kulit dengan sunscreen.

3. Membantu Melindungi Terhadap Tanda-Tanda Penuaan Dini

Setiap wanita tentu menginginkan kulit yang tampak muda, bercahaya, dan sehat. Namun paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

"Dengan kata lain, menggunakan tabir surya dapat membantu melindungi dari efek berbahaya dari penuaan dini atau penuaan kulit," ungkap Michelle seperti dikuti dari Instyle USA.

4. Manfaat Sunscreen Mengurangi Risiko Kanker

Pemakaian sunscreen sangat efektif dalam mengurangi risiko berkembangnya berbagai jenis kanker kulit, terutama melanoma. Jenis kanker kulit ini dikenal sangat agresif dan dapat mengancam jiwa banyak wanita, terutama mereka yang berusia 20-an.

"Namun, Anda harus mengoleskan sunscreen surya setiap hari untuk melihat perlindungan kumulatif selama berhari-hari dan berbulan-bulan," jelas Michelle mengungkapkan manfaat sunscreen.

5. Kulit Sehat Secara Keseluruhan

Michelle menekankan bahwa "kulit secara keseluruhan lebih sehat ketika Anda menggunakan tabir surya." Protein esensial di kulit seperti keratin dilindungi ketika sunscreen diterapkan. Protein ini terutama bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat baik dalam penampilan maupun fungsinya.

Itulah lima manfaat sunscreen yang perlu diketahui. Namun, banyak yang khawatir jika sunscreen yang digunakan akan menyebabkan jerawat, dan membuat kulit tampak berminyak. Untungnya, produk perawatan kulit telah berkembang pesat dan kamu perlu mengetahui sunscreen yang tepat berdasarkan jenis kulit.

Jenis produk sunscreen yang digunakan akan bergantung pada lamanya waktu yang akan dihabiskan di bawah sinar matahari dan aktivitas yang akan dilakukan. Jika akan melewati hari normal, tidak termasuk waktu yang lama di bawah sinar matahari, berarti perlindungan paparan sinar matahari dengan memakai sunscreen tidak perlu lebih dari 35 hingga 50 SPF.



Simak Video "Meghan Markle Bakal Gelar Pesta Ultah ke-40 di California"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)