8 Manfaat Memakai Sunscreen Setiap Hari, Cegah Kanker hingga Kulit Terbakar

Hestianingsih - wolipop Selasa, 18 Jun 2019 18:06 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Memakai sunscreen adalah tahapan perawatan paling penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan SPF dan PA dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang merusak dan bisa menyebabkan kanker.

Penggunaan sunscreen secara rutin dan benar memiliki banyak manfaat bagi kulit. Gunakanlah sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ sebelum makeup atau beraktivitas di luar, dengan takaran sebesar buah ceri. Berikut ini delapan manfaat memakai sunscreen, seperti dikutip dari Style Craze.

1. Melindungi dari Sinar UV Berbahaya
Lapisan ozon yang terus menipis membuat risiko lebih tinggi terkena sinar matahari. Meskipun tubuh membutuhkan matahari untuk dosis harian Vitamin D, menerapkan sunscreen bermanfaat untuk menghalangi sinar berbahaya menembus kulit yang memicu iritasi hingga kanker.

8 Manfaat Memakai Sunscreen Setiap Hari untuk Kesehatan KulitFoto: iStock

2. Mencegah Penuaan Dini
Manfaat menggunakan sunscreen dapat melindungi kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus. Studi mengungkapkan bahwa orang-orang di bawah usia 55 tahun yang memakai sunscreen secara rutin, risiko mengalami penuaan dini lebih kecil 24 persen ketimbang mereka yang tidak menggunakannya.

3. Menurunkan Risiko Kanker Kulit
Pakailah sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari berbagai jenis kanker kulit, khususnya melanoma. Jenis kanker kulit ini dapat mengancam jiwa dan umumnya terjadi pada wanita berusia 20-an.

4. Meratakan Warna Kulit
Memakai sunscreen bermanfaat membantu meratakan warna kulit yang belang akibat hiperpigmentasi. Penggunaan sunscreen juga bermanfaat mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan kulit lainnya, seperti kusam dan flek hitam.
8 Manfaat Memakai Sunscreen Setiap Hari untuk Kesehatan KulitFoto: Thinkstock


5. Mencegah Kulit Terbakar (Sunburn)
Sunburn adalah kondisi kulit yang mengelupas, membengkak, merah, dan gatal-gatal, yang disebabkan paparan sinar UVB berlebihan. Kulit yang terbakar bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Sebuah penelitian dalam 'Annals of Epidemiology' pada Agustus 2008 menunjukkan bahwa kulit yang sering terbakar memiliki risiko lebih tinggi terjangkit melanoma yang mematikan. Oleskan sunscreen secukupnya pada seluruh tubuh yang akan terpapar sinar matahari, dan ulangi sebanyak 2-3 kali.

6. Mencegah Kulit Menggelap
Pilih sunscreen yang memiliki faktor perlindungan matahari minimal SPF 30 untuk mencegah tanning atau penggelapan yang disebabkan oleh UVB. Oleskan kembali sunscreen setiap dua jam, terutama jika memiliki kulit sensitif.


7. Meningkatkan Kesehatan Kulit
Lindungi protein penting pada kulit seperti kolagen, keratin, dan elastin dengan mengaplikasikan sunscreen. Kandungan protein diperlukan untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat. Pastikan sunscreen memiliki titanium oksida di dalamnya untuk manfaat yang maksimal.

8. Melindungi Kulit Walaupun Pakai Baju Tertutup
Ketahuilah bahwa bahan katun yang lembap dapat menyerap sinar matahari. Oleh sebab itu, tetap gunakan sunscreen walaupun kamu mengenakan pakaian tertutup. (hst/hst)