7 Tips Perawatan Wajah Kering Dan Kusam

Lukita Wardhani - wolipop Minggu, 20 Jun 2021 19:30 WIB
Asian woman is applying cream to her face. Perawatan wajah kering dan kusam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Memiliki wajah kering dan kusam pastinya tidak membuat kamu nyaman dalam menjalankan aktivitas. Seperti apa perawatan wajah kering dan kusam agar kembali tampak bersinar dan sehat?

Kulit kering dan kusam disebabkan oleh dehidrasi, penuaan, dan penumpukan sel kulit mati. Faktor dari luar seperti paparan sinar matahari dan asap rokok juga menjadi penyebab kulit kering dan kusam.

Kulit kusam dan kering bukan berarti tidak bisa dicegah atau diatasi. Ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan seperti mengatur waktu mandi hingga pemakaian skincare.

Berikut selengkapnya tips perawatan wajah kering dan kusam:

1. Kurangi Waktu Mandi

Seperti dikutip dari Healthline, jika kamu biasa menghabiskan waktu 30-60 menit di kamar mandi dan berendam, coba dikurangi agar kulit kamu tidak kering. Karena semakin lama kamu ada, semakin besar peluang kulit kamu menjadi kering.

2. Perawatan Wajah Kering dan Kusam: Cuci Muka Dengan Lembut

Coba mulai saat ini kamu mengubah cara cuci muka kamu dengan lebih lembut. Selain tekniknya, produk dari sabun cuci muka juga harus diperhatikan. Hindari sabun dan pembersih yang mengandung bahan keras seperti alkohol, retinoid, atau asam alfa hidroksi. Serta jangan lakukan eksfoliasi terlalu sering.

Young Asian Woman Washing Her FacePerawatan wajah kering dan kusam Foto: iStock

3. Pakai Pelembab Agar Wajah Tidak Kering dan Kusam

Perawatan wajah kering dan kusam yang mudah adalah memakai pelembab. Temukan pelembab yang cocok untuk kulit wajah kamu dan gunakan secara teratur, terutama setelah mandi.

Memakai pelembab dapat membantu kulit wajah kamu mempertahankan kelembabannya. Hindari dari pelembab wajah yang mengandung pewangi dan alkohol, karena dapat menyebabkan iritasi. Lindungi wajah kamu juga dari sinar matahari yang menyengat.

4. Bersihkan Kulit Wajah Kamu Agar Tidak Kusam

Perawatan wajah kering dan kusam berikutnya, bersihkan wajah secara benar dan bersih. Hindari penggunaan scrub yang keras dan sabun yang dapat menyebabkan iritasi kulit, robekan kecil, kemerahan, dan kulit terkelupas.

Sebagai gantinya, gunakan minyak pembersih terlebih dahulu untuk menghapus riasan dan tabir surya kamu tanpa merusak lapisan atas kulit. Kemudian, lakukan pencucian wajah dengan sabun pembersih lembut untuk menghilangkan minyak.

5. Hindari Air Panas

Air panas atau terlalu hangat dapat menghilangkan minyak alami, yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Ini juga dapat menyebabkan pelebaran pembuluh superfisial, yang menurut Shainhouse, dapat membuat kulit tampak merah, meskipun hanya sementara.

Sebagai gantinya, gunakan air yang panasnya hanya suam-suam kuku saat membersihkan wajah. Pilih juga pembersih wajah dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, shea butter, atau minyak almond untuk membantu mempertahankan kelembapan.

6. Merangsang Pertumbuhan Kolagen Dengan Retinoid

Retinoid, yang merupakan turunan vitamin A, telah terbukti secara ilmiah dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan menormalkan pergantian sel kulit. Selain itu retinoid juga membantu mengelupas sel-sel kulit yang lebih tua dan membawa sel-sel kulit baru yang segar ke permukaan. Sehingga menghaluskan dan menipiskan lapisan atas sel dan membuat kulit lebih bercahaya.

ilustrasi tabir suryaPerawatan wajah kering dan kusam Foto: iStock

7. Pakai Sunscreen Setiap Hari

Dengan menggunakan sunscreen atau tabir surya setiap hari dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV, termasuk dispigmentasi kulit, bintik-bintik coklat penuaan, dan tekstur kasar dan kusam.

Itulah tujuh tips perawatan wajah kering dan kusam. Jika kamu tidak merasakan perubahan, tidak ada salahnya berkonsultasi pada pakar kecantikan atau dokter kulit untuk mendapatkan wajah yang sehat dan bersinar.



Simak Video "Meghan Markle Bakal Gelar Pesta Ultah ke-40 di California"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)