9 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Agar Terlihat Glowing

Virgina Maulita Putri - wolipop Jumat, 06 Des 2019 05:30 WIB
9 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Agar Terlihat Glowing Foto: iStock 9 Penyebab Kulit Kusam dan Cara Agar Terlihat Glowing Foto: iStock
Jakarta - Semua orang tentu ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan glowing. Tapi tentu tidak semua orang beruntung memiliki kulit seperti itu dan justru memiliki masalah dengan kulit kusam.

Kulit kusam biasanya ditandai dengan ciri-ciri kulit yang terlihat tidak sehat, lelah dan menonjolkan ketidaksempurnaan di wajah. Kulit kusam juga membuat wajah menjadi tidak terlihat cerah dan glowing ketika terpapar cahaya.



Sebelum mencari pengobatan dan perawatan untuk kulit kusam, simak dulu 9 hal yang bisa menyebabkan kulit kusam berikut seperti dirangkum Wolipop:

1. Kulit Kering dan Dehidrasi

Dehidrasi bisa menurunkan volume aliran darah ke kulit dan membuat wajah kalian terlihat pucat dan seperti orang sakit. Selain itu kulit yang dehidrasi juga membuat garis-garis halus di wajah terlihat lebih jelas.

Untuk mengatasi kulit yang kering dehidrasi jangan lupa minum air putih delapan gelas sehari. Gunakan pelembab atau serum yang mengandung hyaluronic acid agar kulit bisa menahan air lebih banyak.

2. Sel Kulit Mati Menumpuk

Sel kulit mati yang menumpuk juga bisa menyebabkan kulit kusam dan berjerawat. Kulit wajah kalian jadi tidak bisa memantulkan cahaya dan terlihat bersinar seperti kulit sehat lainnya. Solusinya adalah eksfoliasi rutin satu atau dua minggu sekali.

3. Usia

Sayangnya usia yang semakin menua juga bisa menyebabkan kulit kusam. Pasalnya di usia senja, kemampuan kulit kita untuk memproduksi sel baru menurun.

4. Pola Makan yang Buruk

Jika kalian sering mengonsumsi minuman beralkohol, kafein atau gula berlebih bisa membuat kulit terlihat kusam dan kering. Kurangi konsumsi makanan tidak sehat dan lebih banyak makan sayur dan buah yang kaya vitamin dan antioksidan agar kulit terlihat glowing.

5. Polusi dan Sinar Matahari

Lingkungan di sekitar kalian bisa membuat kulit menjadi kusam dan berminyak. Misalnya saja polusi, kelembaban yang rendah, angin yang kencang dan paparan UV bisa merusak kulit yang tidak dilindungi dan dirawat.

Solusinya kalian harus mencuci muka sebelum tidur dan menggunakan skincare yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Jangan lupa gunakan sunscreen saat beraktivitas di luar rumah untuk melindungi wajah dari polusi dan sinar matahari.



6. Stres

Stres bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan berjerawat. Pasalnya stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa mempengaruhi aliran darah ke kulit dan kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya.

Untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan relaksasi untuk menenangkan pikiran saat banyak masalah. Selain itu, kalian juga bisa mencoba pijat wajah untuk meningkatkan aliran darah ke wajah.

7. Rokok

Rokok tidak hanya menyebabkan banyak masalah kesehatan tapi juga bisa membuat wajah terlihat kusam. Merokok bisa mempercepat proses penuaan kulit dan membuat wajah terlihat keriput dan pucat. Solusinya tentu saja dengan berhenti merokok.

8. Kurang Tidur

Tidur adalah waktu di mana sel kulit kalian memperbaiki dirinya sendiri, Jika waktu tidur kalian banyak dipotong, tentu sel kulit tidak bisa diperbaiki secara optimal.

Solusinya tentu dengan tidur 7-8 jam setiap malamnya. Untuk merawat kulit sembari tidur, kalian bisa gunakan krim malam atau masker overnight.

9. Hormon

Penyebab kulit kusam lainnya adalah hormon yang naik turun karena puber, menstruasi, menopause, obat-obatan dan lain-lain. Hormon yang berubah bisa mempengaruhi penampilan kulit.

Misalnya saja ketika level estrogen menurun dan testosterone meningkat, kulit kalian bisa menjadi lebih berminyak, membuat pori-pori terlihat lebih menonjol dan kulit terlihat tidak glowing.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa gunakan blotting paper atau masker lumpur untuk menyerap produksi minyak berlebih di kulit wajah.

Simak Video "Kisah Wanita yang Tampil Pede dengan Wajah Berjerawat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/pay)