Model Manusia dan Virtual Tampil Bareng di Iklan, Bisa Bedakan yang Asli?

Hestianingsih - wolipop Selasa, 27 Apr 2021 03:30 WIB
model virtual vs model manusia Foto: Dok. Kate Cosmetics
Jakarta -

Eksistensi model virtual di dunia periklanan kini semakin diperhitungkan. Sejumlah brand pun sudah menggunakan model yang diciptakan dari artificial intelligence ini untuk mempromosikan produknya.

Nah, bagaimana jadinya jika model virtual dan model manusia nyata berada dalam satu iklan?

Dua model virtual populer asal Jepang, yakni Imma dan Ria, berkolaborasi dengan Saori membintangi iklan produk kosmetik. Ketiganya tampil bersama untuk peluncuran foundation dari brand kecantikan Kate.

model virtual vs model manusiaModel virtual vs model manusia. Foto: Dok. Kate Cosmetics

Uniknya, video dibuat dengan konsep di mana penonton akan sulit membedakan mana model virtual dan mana yang asli. Sebab meskipun manusia nyata, Saori dikenal sebagai model 'android', yakni model yang tampil, berdandan dan pose layaknya sebuah robot android.

Dalam video yang diunggah di YouTube, tampak ketiga model mengenakan busana hitam dan berjalan-jalan di sebuah ruangan. Sepintas memang sulit mana di antara mereka yang manusia asli.

Tapi jika diperhatikan ada satu model yang penampilannya sedikit berbeda. Jika dua model lainnya tampak memasang senyum dan berpose dengan luwes, model satu ini berpose kaku bahkan tanpa senyum. Namun justru dia lah yang ternyata model manusia.

model virtual vs model manusiaModel virtual vs model manusia. Foto: Dok. Kate Cosmetics

Ya, di antara ketiganya, Saori yang berambut pendek dengan tatanan sleek belah pinggir dan mengenakan kemeja hitam adalah model manusia yang berlagak seolah sebagai robot android. Ia sengaja memasang pose kaku untuk mengaburkan batas antara realita dan virtual.

Produk yang diiklankan sendiri memang diperuntukkan bagi mereka yang menginginkan kulit tampak flawless bak boneka android atau model virtual. Kosmetik bernama Real Cover Liquid Foundation ini diklaim bisa menyamarkan pori-pori dan memberi kesan kulit halus, mulus tanpa cela.

(hst/hst)