9 Cara Mencerahkan Bibir Hitam Secara Alami

Annissa Kamila - wolipop Sabtu, 24 Apr 2021 13:30 WIB
Portrait of a young beautiful woman who holds a leaf of aloe vera and hides a smile. The concept of cosmetics and facial and body care. Ilustrasi cara mencerahkan bibir hitam. Foto: Getty Images/iStockphoto/Harbucks
Jakarta -

Memiliki bibir merah merona menjadi impian wanita. Namun ketika kita sering berhadapan dengan polusi, dehidrasi, konsumsi kafein yang berlebihan, alkohol, dan makanan tidak sehat, itu semua bisa menggelapkan warna bibir. Bagaimana cara mencerahkan bibir hitam?

Kulit bibir sangat tipis dan sensitif, sehingga memerlukan air yang cukup untuk menjaga kelembabannya. Ketika kelembaban bibir berkurang bisa menyebabkan bibir kering, pecah-pecah dan kemungkinan terburuknya mengakibatkan perubahan warna bibir.

Lalu bagaimana bila kemungkinan-kemungkinan tersebut telah terjadi? Apakah mimpi untuk memiliki bibir indah tanpa riasan menjadi tidak mungkin?

Berikut cara mencerahkan bibir hitam secara alami:

1. Cara mencerahkan bibir hitam dengan campuran gula dan madu

Ambil satu sendok makan gula pasir, kemudian campurkan dengan satu sendok makan madu. Campurkan hingga keduanya hingga merata dan menjadi scrub untuk digunakan pada bibir. Kamu bisa menggunakan jari untuk mengoleskan scrub tersebut dengan gerakan melingkar di bibir, dan biarkan selama beberapa menit kemudian cuci dengan air hangat dan keringkan. Gunakan scrub ini dua atau tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

2, Cara mencerahkan bibir hitam dengan kelopak mawar dan susu

Ambil secangkir kecil susu, kemudian ambil lima sampai enam kelopak bunga mawar, cuci bersih. Langkah selanjutnya tumbuk atau potong bunga mawar menjadi bagian-bagian kecil dan rendam di dalam cangkir susu yang sebelumnya telah kita siapkan. Rendam selama semalam, kemudian keesokan harinya keluarkan kelopak mawar tersebut. Dan oleskan pada bibir, diamkan selama 15 menit lalu bersihkan. Aplikasikan setiap hari untuk membantu kamu mendapatkan bibir lembut yang indah dan bisa mencerahkan bibir.

Portrait of a young beautiful woman who holds a leaf of aloe vera and hides a smile. The concept of cosmetics and facial and body care.ilustrasi cara mencerahkan bibir hitam Foto: Getty Images/iStockphoto/Harbucks

3. Cara mencerahkan bibir hitam dengan susu dan kunyit

Seperti dikutip dari thehansindia, cara mencerahkan bibir hitam secara alami berikutnya bisa dengan mencampurkan setengah sendok teh kunyit dan satu sendok teh susu. Oleskan campuran ini ke bibirmu tunggu hingga mengering. Kemudian cuci dengan air hangat lalu oleskan pelembab bibir yang menghidrasi. Hal ini akan membantu menghilangkan sel-sel mati. Aplikasikan dua hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Cara mencerahkan bibir hitam dengan buah bit

Iris bit dan oleskan ke bibir atau kamu juga dapat menggunakan jus bit dan campurkan dengan madu. Oleskan campuran tersebut pada bibir dan biarkan selama semalam. Pengaplikasian ini dapat membantu bibir kamu kembali berwarna merah muda.

5. Cara mencerahkan bibir hitam dengan lemon dan mint

Ambil lima sampai enam lembar daun mint, tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan perasan air jeruk lemon pada tumbukan daun mint tersebut serta tambahkan sedikit madu agar mudah diaplikasikan pada bibir. Campuran ini dapat membantu menghidupkan kembali bibirmu karena memiliki sifat pemutih.

6. Cara mencerahkan bibir hitam dengan biji delima dan susu

Campuran biji delima dan susu ternyata bisa menjadi cara mencerahkan bibir secara alami. Ambil setengah cangkir biji buah delima, haluskan kemudian campur dengan susu. Oleskan campuran ini pada permukaan bibir, biarkan mengering kurang lebih 15 menit. Setelah itu basuh menggunakan air dingin. Untuk hasil yang lebih maksimal, aplikasikan setiap hari. Campuran ini selain dapat mencerahkan warna bibir, juga mencegah bibir menjadi gelap saat keluar dari rumah dan terpapar sinar matahari.

7. Cara mencerahkan bibir hitam dengan strawberry dan madu

Ambil strawberry dan gosokkan pada bibir. Kamu juga dapat menghaluskan strawberry dan menambahkan satu sendok teh madu. Madu dapat diganti dengan sedikit minyak zaitun. Aplikasikan campuran bahan-bahan alami tersebut tiga kali seminggu pada bibir untuk mencegahnya menjadi gelap.

Portrait of a young beautiful woman who holds a leaf of aloe vera and hides a smile. The concept of cosmetics and facial and body care.ilustrasi cara mencerahkan bibir hitam Foto: Getty Images/iStockphoto/Harbucks

8. Cara mencerahkan bibir hitam dengan minyak almond dan lemon

Ambil satu sendok makan minyak almond dan tambahkan perasan lemon ke dalamnya. Oleskan campuran ini pada bibir dan biarkan hingga minyak terserap. Minyak almond mengisi kembali bibir dan lemon membantu mencegah bibir menjadi gelap dengan melembapkannya.

9. Cara mencerahkan bibir hitam dengan lidah buaya dan minyak kelapa

Cara mencerahkan bibir hitam secara alami berikutnya adalah dengan campuran lidah buaya dan minyak kelapa. Ambil lidah buaya dari tumbuhannya langsung. Campurkan lendir lidah buaya dengan sedikit minyak kelapa, kemudian masukkan ke dalam kulkas. Campuran ini bisa digunakan, kapan pun kamu mau. Dalam sehari kamu bisa mengaplikasikan beberapa kali. Lidah buaya kaya vitamin E, membantu mengembalikan kelembapan.

(eny/eny)