Skincare Centella Asiatica Lagi Hits, Ini Sederet Manfaatnya Untuk Kulit

Annissa Kamila - wolipop Senin, 22 Mar 2021 17:34 WIB
Closeup Gotu Kola leaves ( Asiatic pennywort, Indian pennywort, Centella asiatica ) and bottle of essential oil extract isolated on wood table background. Tropical medical herbal plant concept. Mafaat skincare centella asiatica. Foto: Getty Images/iStockphoto/Everyday better to do everything
Jakarta -

Kehadiran centella asiatica dalam dunia skincare menjadi tren beberapa tahun belakangan ini. Centella asiatica atau dikenal di Indonesia dengan nama daun pegagan kini pun jadi primadona dalam industri kecantikan.

Sederet merek skincare telah merilis produk yang mengandung cetella asiatica ini. Di antaranya ada merek Purito yang merilis skincare dengan kandungan centella asiatica hingga 40%, dr. Jart, Neogen atau merek lokal seperti Sensatia Botanicals dan Sariayu.

Sebenarnya apa itu centella asiatica?

Centella asiatica memiliki berbagai nama di dunia. Jika di Indonesia dikenal dengan nama daun pegagan, nama lain centella asiatica di negara lainnya adalah Gotu Kola, brahmi, pegagan Indian atau pegagan Asiatic.

Centella asiatica dikenal karena manfaatnya untuk kesehatan. Bagi masyarakat India, daun pegagan sudah lama digunakan sebagai obat kulit, seperti menyamarkan stretch mark, mengobati luka bakar dan jerawat, dan masih banyak lagi.

gotu kola, asiatic pennywort, centella asiatica, ayurveda herbal drinkcentella asiatica atau daun pegagan. Foto: detikFood

Seperti dikutip dari Health, menurut Mona Gohara, MD, seorang profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, konsentrasi tinggi asam amino, beta-karoten, dan asam lemak dalam centella asiatica inilah yang membuat tumbuhan tersebut sangat bermanfaat.

Seorang dokter kulit di New York City, Shari Marchbein, MD, mengatakan bahwa sifat anti-inflamasi dalam centella asiatica dapat hidrasi, menenangkan dan memperbaiki kulit kering, merah dan iritasi. Centella asiatica direkomendasikan untuk pengobatan berbagai kondisi kulit, terutama yang kulitnya kasar dan kemerahan seperti penderita psoriasis dan eczema.

Selain itu, centella asiatica dapat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan produksi kolagen, menambah kekencangan dan elastisitas kulit. Dan dua senyawa dalam centella asiatica yaitu madecassoside dan asiaticoside memiliki khasiat untuk menenangkan kulit yang bermasalah.

Cara menggunakan centella asiatica

Ekstrak tumbuhan centella asiatica dapat dimasukkan ke dalam berbagai produk skincare. Bisa ada di dalam pembersih, toner, serum bahkan krim.

Bagi mereka yang menggunakan krim dan serum dengan kandungan centella asiatica, manfaat yang dirasakan langsung adalah produk jadi menempel di kulit dalam waktu lama sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Skincare dengan kandungan centella asiatica ini dapat diaplikasikan pada pagi atau malam atau keduanya.

Mona Gohara mengatakan skincare dengan kandungan centella asiatica juga dapat dikombinasikan dengan penggunaan retinol atau retinoid. Gunakan sebelum pengaplikasian retinoid di malam hari. Jika retinoid tujuannya adalah untuk mengelupaskan permukaan kulit, centella asiatica membantu dengan menenangkan kulit dan mencegah terjadinya iritasi.

Bagaimana apakah kamu akan memasukkan centella asiatica ini ke dalam list skincare kamu? Selamat mencoba.



Simak Video "Mengenal CTMP, Basic Skincare Routine yang Berkhasiat!"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)