7 Alasan yang Bikin Wanita Asia Tampak Lebih Muda Dibanding Bule

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 03 Mar 2021 17:35 WIB
wanita cantik se-Asia Foto: Thinkstock
Jakarta -

Banyak wanita Asia yang jadi perbincangan karena wajahnya yang tampak tak menua. Tak selalu karena perawatan atau tindakan kosmetika, secara ilmiah orang-orang Asia memang cenderung awet muda. Meski fitur wajah bule atau orang kulit putih sering dianggap lebih cantik namun berbanggalah bahwa kita orang Asia bisa tampak lebih muda dari usia sebenarnya. Berikut tujuh hal yang menjadi alasan wanita Asia tampak awet muda dibanding bule.

1. Struktur Tulang
Dilansir Brightside, kebanyakan orang Asia punya struktur wajah lebih lebar di bagian tengah yakni dari pipi ke rahang. Hal tersebut lah yang menjadi salah satu alasan utama mereka tampak lebih muda. Dikatakan jika seiring pertambahan usia, kita kehilangan jaringan yang membuat kulit mengendur. Karena punya tulang lebih lebar, kulit orang Asia tidak mudah kendur.

2. Melanin pada Kulit
Karena banyaknya melanin pada kulit mungkin membuat kulit kita lebih mudah menggelap. Namun hal tersebut juga lah yang membuat wanita Asia lebih awet muda. Semakin banyak melanin artinya akan semakin terlindungi pula kulit dari sinar matahari yang bisa memicu timbulnya kerutan dan flek hitam. Terlebih jumlah melanin di kulit orang Asia cenderung meningkat seiring usia. Selain itu, kulit Asia juga umumnya lebih tebal jadi kerutan tidak mudah muncul.

3. Gen Awet Muda
Tak jarang faktor utama dari penampilan cantik dan awet muda adalah keberuntungan gen. Dikatakan jika orang-orang yang terlihat muda memiliki gen Methuselah yang berfungsi memperbaiki kulit setelah terpapar sinar matahari dan faktor-faktor lingkungan lain. Banyak ditemukan pada wanita kulit hitam, gen itu diprediksi juga ada pada wanita Asia.

4. Komposisi Lemak
Memiliki banyak lemak di wajah tidak selalu buruk. Menurut penelitian, wanita Asia cenderung punya lebih banyak lemak di area wajah dan hal tersebut membuat mata mereka tampak lebih kecil. Tapi lemak itu juga bisa berfungsi untuk mencegah timbulnya kerutan di area mata. Sedangkan orang Kaukasia lebih punya sedikit lemak di area mata.

5. Gaya Makeup
Artis Korea sering dibandingkan dengan artis barat dan dianggap penampilannya lebih muda. Selain faktor-faktor di atas, alasan lain yang membuat mereka tampak tak menua adalah gaya makeup. Diketahui jika tren makeup terutama di kawasan Asia Timur adalah wajah yang flawless tanpa terlalu banyak warna. Sementara orang barat dinilai lebih suka makeup tebal dengan permainan kontur dan warna yang membuat mereka tampak dewasa.

6. Gaya Hidup
Selain itu, wanita Asia dinilai punya gaya hidup yang lebih sehat yang berpengaruh pada penuaan. Dibanding orang Barat, banyak wanita Asia lebih memilih diet seimbang dengan bahan makanan utama seperti sayur, ikan, dan rempah-rempah. Sedangkan di Amerika atau Eropa, olahan susu dan roti banyak dikonsumsi yang dianggap bisa memicu penuaan. Ditambah lagi wanita Asia dikatakan lebih rajin dalam merawat penampilan terutama melindungi wajah dari sinar matahari.

7. Mengingatkan Akan Bayi
Mengapa fitur-fitur wajah orang Asia bisa membuat mereka awet muda? Salah satu teori yang bisa menjelaskan alasannya adalah karena wajah mereka tampak seperti bayi. Wanita Asia cenderung punya wajah bulat, alis tinggi, bibir penuh, dan dagu pendek yang banyak terlihat pada anak-anak.

(ami/ami)